Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Pada Usahatani Padi Ketan Di Desa Panyiaran Kecamatan Cikaong Kabupaten Tasikmalaya

Hera Heriyana, Trisna Insan Noor, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Ketan merupakan salah satu varietas padi yang dapat dijadikan sebagai bahan cadangan alternatif. Biasanya ketan hanya dijadikan sebagai bahan baku pembuatan makanan olahan tradisional sampai skala industri. Kebutuhan beras ketan yang terus meningkat dan penataan input produksi seperti ketersediaan luas lahan yang cenderung menurun, semestinya menjadi pemacu untuk meningkatkan produksi padi ketan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan faktor-faktor produksi pada usahatani padi ketan di Desa Panyiaran Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan studi kasus pada petani padi di Desa Panyiaran Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Sampel penelitian sebanyak 30 orang yang diambil dengan simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan faktor lahan, benih, pupuk Urea, Pupuk NPK, Pupuk SP-36, pestisida dan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap produksi padi ketan. Secara parsial, lahan, benih, pupuk Urea dan pupuk SP-36 berpengaruh nyata terhadap produksi padi ketan. Variabel pupuk NPK, pestisida, dan tenaga kerja tidak berpengaruh nyata terhadap produksi padi ketan.

Keywords


padi ketan, faktor produksi

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Konsumsi Pangan Tahun 2018. Jakarta: BPS.

Dewi, I.N., Awang, S.A., Andayani, W. dan Suryanto, P. 2018. Karakteristik Petani dan Kontribusi Hutan Kemasyarakatan (HKm) Terhadap Pendapatan Petani di Kulon Progo. Jurnal Ilmu Kehutanan, 12 : 86-98.

Gujarati, D. 2003. Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain. Jakarta: Erlangga

Hanum, N. 2018. Pengaruh Pendapatan, Jumlah Tanggungan Keluarga Dan Pendidikan Terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Nelayan Di Desa Seuneubok Rambong Aceh Timur. Jurnal Samudra Ekonomika, 2(1) : 13-18.

Manggala, R.B. dan Rochminarni, A.B. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi Padi di Desa Sumengko Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(3): 441-452.

Manyamsari, I. dan Mujiburrahmad. 2014. Karakteristik petani dan hubungannya dengan kompetensi petani lahan sempit. Agrisep 15(2): 58-74.

Onibala, A.G., Sondakh, M.L., Kaunang, R. dan Mandei, J. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Padi Sawah di Kelurahan Koya Kecamatan Tondano Selatan. Agri-Sosio Ekonomi, 13(2A) : 237 - 242 237

Susilowati, S.H. dan Maulana, M. 2012. Luas Lahan Usahatani dan Kesejahteraan Petani : Eksistensi Petani Gurem dan Urgensi Kebijakan Reforma Agraria. Analisis Kebijakan Pertanian, 10 (1) : 17-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i1.4610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: