Analisis Pendapatan Usahatani Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus) Di Desa Singajaya Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmaya

Adam Nurhusaeni, Muhamad Nurdin Yusuf, Budi Setia

Abstract


Produksi jamur tiram putih dipengaruhi oleh teknik budidaya untuk memperoleh produk yang berkualitas baik. Dalam kegiatan budidaya jamur tiram putih, pendapatan petani dapat dipengaruhi oleh besarnya skala usaha, ketersediaan modal, harga jual produk, ketersediaan tenaga kerja keluarga dan tingkat pengetahuan dan pengalaman petani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya biaya, penerimaan dan pendapatan usahtani jamur tiram di Desa Singajaya Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya dan Kelayakan usahatani di Desa Singajaya Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang diterapkan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui studi lapangan dan studi kepustakaan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling Hasil penelitian menunjukan : 1). Besarnya biaya produksi yang dikeluarkan oleh petani jamur tiram yang berada di Desa Singajaya Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya adalah sebesar Rp 4.654.846,38 dan penerimaan yang diperoleh petani jamur tiram sebesar Rp 10.505.000 dalam satu kali proses produksi. Pendapatan yang diperoleh petani jamur tiram sebesar Rp 5.850.153,62 pada satu kali proses produksi. 2). Usahatani jamur tiram, apabila dilihat dari segi  ekonomis diusahakan. dilihat dari nilai R/C 2,2 artinya setiap Rp 1,00 biaya yang dikeluarkan diperoleh penerimaan sebesar 2,2 dan memperoleh pendapatan 1,2.

Keywords


Pendapatan, Usahatani, Jamur Tiram

References


Agus. 2012. Manajemen Produksi Perencanaan Sistem Produksi. Yogyakarta:BPFE.

Budasih, N.L. dan Sri Astiti. 2014. Strategi Pemasaran Produk Olahan Jamur Tiram pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Spora Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis Volume 2 Nomor 2.Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

Permana, G. Rochdiani, D. Yusuf, M, N. 2019. Analisis Kelayakan Usahatani Jamur Tiram di Desa Rajadesa Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis, Jawa Barat skripsi.Vol 6 Nomor 3. Ciamis : Fakultas Pertanian, Universitas Galuh Ciamis.

Gunawan, A. W. 2001. Usaha Pembibitan Jamur Tiram Putih. Penebar Swadaya.Jakarta.

Nasehudin, dan Gozali. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nugraha, S., dkk. 2006. Potensi dan Tingkat Kerusakan Sumberdaya Lahan di Panjaitan, F. E. D., S. N. Lubis, dan H. Hashim. 2014. Analisis efisiensi produksi dan pendapatan usahatani jagung (Stusdi Kasus: Desa Kuala, Kecamatan Tigabinaga, Kabupaten Karo). Journal On Social Economic Of Agriculture and Agribusiness. 3 (3) : 1-14.

Soekartawi. 2011. Ilmu Usaha Tani. Universitas Indonesia : Jakarta.

Soenanto, H. 2000. Jamur Tiram Budidaya dan Peluang Usaha. Aneka Ilmu. Semarang.

Supardi.I. 2000. Pembangunan Yang Memanfaatkan Sumber Daya. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Suratiyah. 2009. Ilmu usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i1.4612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: