Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Pada Usahatani Padi Sawah Di Desa Tambaksari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis

Ilham Baihaki, Trisna Insan Noor, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi (2) Tingkat efisiensi teknis yang dicapai pada usahatani padi sawah, dan (3) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efisiensi teknis pada usahatani padi sawah di Desa Tambaksari, Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan adalah survey, teknik penarikan sampel responden menggunakan simple random sampling dengan slovin pada tingkat kesalahan 15 persen dan diperoleh 38 responden petani padi sawah. Di analisis  menggunakan model fungsi Stochastic Frontier Model, koefisien regresi dihitung menggunakan metode Maximum Likelihood Estimation (MLE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Lahan, benih, pupuk, pestisida dan tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap produksi pada usahatani padi sawah. (2) Tingkat efisiensi teknis pada usahatani padi sawah berkisar 0,71-1,00 dengan rata-rata 0,92. (3) Umur dan pengalaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat efisiensi yang dicapai oleh petani pada usahatani padi sawah di Desa Tambaksari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis, sedangkan pendidikan tidak berpengaruh signifikan.

Keywords


Efisiensi teknis, stochastic frontier fungsi produksi, usahatani padi

References


Avi, B.S. 2011. Analisis Efisiensi Penggunaan Factor-Faktor Produksi Usahatani Jagung Di Kabupaten Grobogan.JEJAK. 4(1):69-76.

Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kecamatan Tambaksari. 2018. Luas Areal dan Produksi Tanaman Pangan. BP3K.

Carkini, dkk. 2014. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Pada Usahatani Padi Sawah. Salem. Berebes. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH. 1(1):33-42.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis. 2019. Luas Tanam, Panen, Produksi dan Produktivitas Padi Sawah. Dinas Pertanian.

Effendy. 2010. Efisiensi Faktor Produksi Dan Pendapatan Padi Sawah Di Desa Masani Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso.J. Agroland. 17(3):233-240.

Isyanto.A.Y. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Inefisiensi Teknik Pada Usahatani Padi di Kabupaten Ciamis. Cakrawala Galuh. 1(5).

Yusuf, Dkk (2017). Analisis Efisiensi Teknis Usahatani Padi Pada Lahan Sawah Irigasi Teknis Di Kabupaten Ciamis. Pakultas Pertanian. Universitas Galuh.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i1.4622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: