Persepsi Konsumen Terhadap Hasil Produksi Buah Belimbing Dari Desa Waringinsari Kecamatan Langensari Kota Banjar

Asep Taopik, Trisna Insan Noor, Muhamad Nurdin Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Persepsi konsumen terhadap buah belimbing di Desa Waringinsari Kecamatan Langensari di Kota Banjar. 2) Persepsi konsumen terhadap harga belimbing di Desa Waringinsari Kecamatan Langensari di Kota Banjar. 3) Persepsi konsumen terhadap promosi belimbing di Desa Waringinsari Kecamatan Langensari di Kota Banjar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Menurut sugiyono (2009), Accidental Sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu konsumen yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel dengan jumlah responden 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat pengaruh konsumen dalam keputusan pembelian buah belimbing di Desa Waringinsari tergolong ke dalam kategori sedang. Tingkat pengaruh jika dilihat per dimensi yaitu : a). Dimensi produk memiliki tingkat pengaruh baik. b). Dimensi harga memiliki tingkat pengaruh sedang. c).  Dimensi promosi memiliki tingkat pengaruh sedang. Kendala yang dihadapi dalam melakukan kegiatan pengambilan keputusan pembelian belimbng di Desa Waringinsari yaitu : a). Kendala internal ; Kendala yang dihadapi responden dalam pengambilan keputusan pembelian belimbing di Desa Waringinsari dilihat dari aspek internal disebabkan karena pengalaman belajar dan memori dalam membeli buah belimbing, dimana dimensi harga menjadi kendala, karena harganya tidak berbeda jauh dengan harga belimbing di pasar tradisional, namun konsumen yang membeli ke Desa Waringinsari akan mendapatkan gratis makan sepuasnya belimbing yang ada di kebun degan syarat dimakan ditempat (di kebun belimbingnya), akan tetapi dengan ukuran belimbing yang besar, sehingga konsumen tidak banyak menghabiskan belimbing di kebun belimbing di Desa Waringinsari. b) Kendala Eksternal ; Kendala pada keputusan pembelian dilihat dari aspek eksternal disebabkan faktor sosial yaitu kelompok referensi dan keluarga. Sebagian kecil responden mengatakan bahwa mereka mendapat informasi melalui keluarga bahkan kerabat tentang referensi untuk membeli belimbing yaitu di pasar tradisonal, dengan alasan harga yang lebih murah meskipun produk di bawah kualitas di Desa Waringinsari, kemudian keadaan sarana transportasi (keadaan jalan) untuk menuju lokasi kebun belimbing tidak begitu mulus karena belum adanya perbaikan jalan untuk menuju lokasi tersebut

Keywords


buah belimbing, permintaan, presepsi

References


Hendriadi, Agung. 2013. Optimalisasi Kegiatan Litkajibangdiklatluh dan Corporate Management Untuk Peningkatan Kinerja Litbang Hortikultura. Rapat Kerja Pusat Penelitian Pengembangan Hortikultura Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian 26-29 Maret 2013.

Pracoyo, T.K dan A. Pracoyo. 2006. Aspek-Aspek Dasar Ekonomi Mikro. PT Gramedia Widia Sarana Indonesia. Jakarta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta. Bandung.

Teguh, Muhammad. 2005. Metodologi Penelitian EkonomiTeori dan Aplikasi.,PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Utami, P., & Puspaningtyas, D. E. (2013). The Miracle of Herbs. Jakarta: PT AgroMedia Pustaka.

Marbun, I.I., & Rahmanta Ginting, E (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Kopi Luwak Bermerek Di Kota Medan. JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGGRIBUSSINES, 3(6).

Mizfar,F & Sinaga, A. (2015). Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Kopi Instan. SEPA : Jurnal social Ekonomi Pertanian dan agribisnis, 11(2), 175-180).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i1.4645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: