Peran Kelompok Wanita Tani Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus pada Kelompok Wanita Tani Puncaksari di Desa Binangun Kecamatan Pataruman Kota Banjar)

Panji Tresna Pribadi, Iwan Setiawan, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam mendukung keberlanjutan program P2WKSS dapat diwujudkan dengan keterlibatan kelompoktani. Idealnya, kelompoktani dapat berperan sesuai fungsinya sebagai wahana belajar, wahana kerjasama dan unit produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil dan peran KWT Puncaksari dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus di Desa Binangun Kecamatan Pataruman Kota Banjar. Teknik penentuan informan dilakukan secara sensus. Data yang terkumpul akan diseleksi, direduksi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KWT Puncaksari berperan sebagai wahana belajar, wahana kerjasama dan sebagai unit produksi. Secara keseluruhan, peran kelompok wanita tani berada pada kategori cukup berperan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Keywords


peran, kelompok wanita tani, pemberdayaan

References


Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, W.A. Tedjaningsih, T. dan Rofatin, B. Peran Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Produktivitas Usahatani Padi. Jurnal AGRISTAN, 1(2): 80-88.

Maulana, K. 2019. Peran Kelompok Tani Terhadap Kondisi Perekonomian Petani. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 5(2): 67-71.

Prasetia, P. Hasanuddin, T. dan Viantimala, B. 2015. Peranan Kelompok Tani Dalam Peningkatan Pendapatan Petani Kopi Di Kelurahan Tugusari Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 3(3): 301-307.

Relamareta, N. 2011. Hubungan Antara Peran Kelembagaan Kelompok Tani dengan Pengembangan Usahatani Anggota. [Skripsi]. IPB. Bogor.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Zubaedi. 2006. Pendidikan Berbasis Masyarakat (Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problem Solusi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i2.4866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: