Analisis Rantai Pasok Cabai Rawit Di Desa Ciandum Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya

Agit Purnama, Trisna Insan Noor, Muhamad Nurdin Yusuf

Abstract


Komoditas hortikultura yang banyak dikembangkan saat ini di Kecamatan Cipatujah yaitu cabai rawit yang mempunyai potensi menjadi komoditas unggulan baru. Namun permasalahan yang dihadapi para petani di Desa Ciandum saat ini adalah fluktuasi harga yang berpengaruh terhadap pendapatan petani. Salah satu penyebabnya diakibatkan oleh manajemen rantai pasokan yang tidak efisien. Penelitian ini bertujaun untuk mengethui; 1) Rantai pasokan terkait dengan aliran produk, aliran informasi serta aliran keuangan pada komoditas cabai rawit dan 2)Tingkat efisiensi rantai pasokan cabai rawit di Desa Ciandum Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan untuk menganalisis rantai pasokan adalah dengan pendekatan Food Supply Chain Network dan analisis deskriptif. Kinerja rantai pasokan cabai rawit diukur dengan efisiensi pemasaran yang menggunakan kriteria marjin pemasaran dan  farmer’s share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu rantai pasokan cabai rawit di Desa Ciandum Kecamatan Cipatujah yang melibatkan petani, pengepul lokal, tengkulak pasar, pengecer, dan konsumen. Aliran produk, aliran keuangan dan aliran informasi berada pada kategori lancar pada setiap rantai pasokan. Tingkat efisiensi rantai pasokan belum efisien. Nilai margin pemasaran untuk setiap satu kilogram cabai rawit adalah sebesar Rp 9.000. Nilai share keuntungan sebesar 89,20% dan share biaya sebesar 10,80%. Sedangkan untuk bagian harga yang diterima petani (farmer share) sebesar 62,50%.

Keywords


cabai rawit, rantai pasokan

References


Badan Pusat Statistik. 2020. Kabupaten Tasikmalaya dalam Angka 2020. Tasikmalaya: Badan Pusat Statistik.

Fadhlullah, A.D., Ekowati, T. dan Mukson. 2018. Analisis Rantai Pasok (Supply Chain) Kedelai di UD Adem Ayem Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(2) : 1-10.

Irawan, B. 2007. Fluktuasi Harga, Transmisi Harga Dan Marjin Pemasaran Sayuran dan Buah. Analisis Kebijakan Pertanian, 5(4) : 358-373.

Kurniawan, R.D. Suwandari, A. dan Ridjal, J.A. 2014. Analisis Rantai Pasokan (Supply Chain) Komoditas Cabai Merah Besar Di Kabupaten Jember. Berkala ilmiah Pertanian, 1-14.

van der Vorst. 2006. Performance measurement in agri-food supply chain networks. (p. 13). Netherlands: Logistics and Operations Research Group, Wageningen University.

Wijaya, W.D. dan Sutapa, I.N. Upaya Pengurangan Tingkat Kecacatan Cabai Pasca Panen Pada Jalur Rantai Pasok. Jurnal Titra, 1 (2) : 253-256.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i2.5031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: