Efektivitas Fungsi Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Padi Di Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis

Ifan Nur Sopyan, Iwan Setiawan, Muhamad Nurdin Yusuf

Abstract


Kelemahan struktural petani adalah sempitnya rata-rata penguasaan lahan, hal tersebut dapat diantisipasi dengan dibentuknya kelompok tani yang dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan produksi pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pendapatan petani padi di Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis dan 2) Efektivitas fungsi kelompok tani dalam meningkatkan pendapatan petani padi di Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode survei yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini ditentukan secara acak sederhana berdasarkan Rumus Slovin pada tingkat kesalahan 10%. Tujuan penelitian pertama dan kedua dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus pendapatan dan sistem skoring untuk menentukan efektivitas kelompok tani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Besarnya pendapatan petani padi per hektar di Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis adalah Rp 11.422.385,22; 2) Efektivitas fungsi kelompok tani dalam meningkatkan pendapatan petani padi di Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing berada dalam kategori rendah dikarenakan belum tercapainya fungsi kelompok tani dalam mencapai produksi yang diharapkan sehingga kelompok tani belum mampu memberikan pengaruh yang besar terhadap pendapatan petani.

Keywords


efektivitas kelompok tani, pendapatan, usahatani padi

References


Arikunto, S, (2007). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta ; Rineka Cipta.

Atriyani, H. 2006. Efektivitas Kelompok Petani Nelayan Kecil (KPK) pada Program Peningkatan Pendapatan Petani Nelayan Kecil (P4K) di Kabupaten Tanggamus. Skripsi. Universitas Lampung.

Chaplin, J P. (2005). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : Rajawali Pres.

Departemen Pertanian. 2007. Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 273/Kpts/OT.160/4/2007 Tentang Pedoman Pembinaan Kelembagaan Tani. Lampiran 1 Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani www. Deptan. go. id/bbd/admin/permentan, download 23 September 2018

Fidalia, L. 2018. Efektivitas Kelompoktani Dalam Meningkatkan Pendapatan Usahatani Cabai Merah (Capsicum annuum L) Dan Jagung (zee mass) Di Desa Margototo Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur. Skripsi. Universitas Lampung.

Firdaus, M.2008. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayanti, E., Afrianto, E. dan Isyaturriyadhah. 2019. Analisis Efektivitas Kelompok Tani di Desa Pulau Tengah Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin, Jambi, Indonesia. Jurnal Agri Sains Vol, 3 No.02.

Sartono, 2004. Manajemen Keuangan, Soal dan Penyelesaiannya. BPFE, Yogyakarta.

Soekartawi, 2006. Analisis Usahatani. Jakarta. Universitas Indonesia.

__________. 1995. Analisis Usahatani. Universitas Indonesia (UI-Press). Jakarta.

Sumarno, 1997. Agroteknologi sebagai Dasar Pembangunan Sistem Usahatani Pertanian Berkelajutan

Sundari, dkk. 2012. Laporan Akhir Kajian Efektivitas Metode Penyuluhan Dalam Percepatan Adopsi Inovasi Teknologi Pertanian. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i2.5224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: