Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada Toko Sayuran Online Di Kota Surabaya

Dimas Huddan Kuswanto, Sigit Dwi Nugroho, Nuriah Yuliati

Abstract


Sayuran merupakan salah satu komoditas pertanian yang berpotensi tinggi pada masa pandemi Covid-19 karena manfaatnya dalam meningkatkan imunitas. Ditinjau dari karakteristiknya sayuran mempunyai risiko yang tinggi, khususnya jika dipasarkan secara online. Toko sayuran online harus meningkatkan kinerja pemasarannya agar dapat bertahan di tengah persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran pada toko sayuran online di Kota Surabaya. Metode analisis yang digunakan adalah Stuctural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS). Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Sampel berjumlah 33 toko sayuran online di Kota Surabaya yang ditentukan melalui teknik sampling kuota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran online dan orientasi pasar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan kapabilitas pemasaran mempunyai pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Toko sayuran online di Kota Surabaya perlu meningkatkan kapabilitas pemasaran terutama terkait penginderaan pasar agar dapat menghadapi perubahan lingkungan.

Keywords


Kinerja Pemasaran, Pemasaran Online, Orientasi Pasar, Kapabilitas Pemasaran, Sayuran

References


Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. 2020. Statistik Kesejahteraan Rakyat Kota Surabaya 2020. Surabaya: BPS Kota Surabaya.

Farida, Naili, Agus Naryoso, and Ahyar Yuniawan. 2017. “Model of Relationship Marketing and E-Commerce in Improving Marketing Performance of Batik SMEs.” Jurnal Dinamika Manajemen 8 (1): 20–29.

Fatmawati, Elia Resha, dan Sentot Suciarto Athanasius. 2020. “Kapabilitas Pemasaran Absorptif , Adaptif , Dan Inovatif Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Online Shop Pakaian Wanita Di Instagram.” Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Dan Perpajakan 3 (1): 140–59.

Ghozali, Imam dan Latan, Hengky. 2015. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Cetakan I. Yogyakarta: Caps

Hidayat, Sarif, dan Murwatinigsih. 2018. “Pengaruh Orientasi Pasar Dan Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Kapabilitas Pemasaran Pada UMKM Lanting Di Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen.” Management Analysis Journal 7 (1).

Hooley, Graham, Nigel F Piercy, Brigitte Nicoulaud, and John M. Rudd. 2017. Marketing Strategy & Competitive Positioning. Sixth Edit. Harlow: Pearson Education Limited.

Jahanshahi, Asghar Afshar, Mahdi Rezaei, Khaled Nawaser, Vahid Ranjbar, and Bairagi Kachardas Pitamber. 2012. “Analyzing the Effects of Electronic Commerce on Organizational Performance : Evidence from Small and Medium Enterprises.” African Journal of Business Management 6 (15): 6486–96.

Li, Lei, Jiabao Lin, Ofir Turel, Peng Liu, and Xin Luo. 2020. “The Impact of E-Commerce Capabilities on Agricultural Firms ’ Performance Gains : The Mediating Role of Organizational Agility.” Industrial Management & Data Systems 120 (7): 1265–86.

Mansur, Amin, Any Setianingrum, dan Muslikh. 2017. “Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada Era Digital.” Performance 24 (2): 1–9.

Narver, John C, and Stanley F Slater. 2004. “Responsive and Proactive Market Orientation and New-Product Success.” Journal of Product Innovation Management 21 (1990): 334–47.

Octavia, Ade, Sigit Indrawijaya, Yayuk Sriayudha, Heriberta, Husni Hasbullah, and Asrini. 2020. “Impact on E-Commerce Adoption on Entrepreneurial Orientation and Market Orientation in Business Performance of SMEs.” Asian Economic and Financial Review 10 (5): 516–25.

Rukmana, Deden. 2014. “Quota Sampling.” In The Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research, 5382–84. Springer Science+Business Media.

Sriyanto, dan Nina Adelina. 2020. “Orientasi Pasar Dan Kinerja Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid-19: Peran E-Commerce Sebagai Moderasi.” Riset Manajemen Dan Akuntansi 12 (1): 61–74.

Tsiotsou, Rodoula H, and Maria Vlachopoulou. 2011. “Understanding The Effects of Market Orientation and E-Marketing on Service Performance.” Marketing Intelligence & Planning 29 (2): 141–55.

Winata, Ahmad Yahya Surya. 2010. “Mengukur Kinerja Pemasaran : Kajian Konseptual Perkembangan Teori.” Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis 10 (September): 194–219.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i2.5276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: