Analisis Saluran Pemasaran Kue Jahe

Saepuloh Saepuloh, Dini Rochdiani, Muhamad Nurdin Yusuf

Abstract


Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Saluran pemasaran kue jahe di UMKM Bhinangkit, terdapat dua saluran kue jahe dari perajin sampai ke tangan konsumen akhir. Saluran 2 pemasaran kue jahe melibatkan satu lembaga pemasaran yaitu pedagang pengecer, 2) marjin pada saluran pemasaran adalah Rp 5.000,00 per Kg dengan total biaya Rp 486,67 per Kg, dengan rincian biaya penyusutan Rp 320,-, retribusi Rp 50,00,-, dan penyimpanan Rp 66,67, penyimpanan menggunakan etalase yang berukuran panjang 2 meter. Total keuntungan pemasaran Rp 4.513,33 per Kg, 3) Bagian harga yang diterima perajin pada saluran 1 adalah 100 persen, sedangkan pada saluran 2 adalah 90,56 persen, maka sisanya 9,44% digunakan untuk biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh lembaga pemasaran

Keywords


Saluran pemasaran, farmer's share, kue jahe

References


Anief, DH,. 2002. Pendapatan Sistem Jaminan Mutu melalui Standar Prosedur operasional (SPO) Pisang Mas Kirana. Kabupaten Lampung. Lumajang.

Angipora, 2002. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Bappenas. 2000. Pisang (Musa spp). Editor: Kemal Prihatman. Sistim Informasi Manajemen Pembangunan.

Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Tasikmalaya. Potensi sentra industry kecil menurut jenis komoditi Kabupaten Tasikmalaya tahun 2017.

Kastaman, R. 2006. Pengembangan Model Agroindustri dan Pemasaran Terpadu Komoditi Kelapa di Kabupaten Cianjur. Laporan Kajian Pengembangan Komoditi Kelapa. Kerjasama LPM UNPAD dengan direktorat Jendral P2HP Departemen Pertanian. Indonesia.

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan pengendalian. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran (12th ed). Jakarta : Erlangga.

Kusnanto, Evy M, Shorea K. 2016. Analisis Saluran Pemasaran Padi di Desa Raja Bejamu Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Pekbis Jurnal, Vol.8, No.1, Maret,2016

Lim, T. K. 2012. Edible medicinal and non medicinal plants : Fruits Volume 3,.

Mangunwidjaja, D dan Sailah, I. 2002. Pengantar Teknologi Pertanian. Penebar Swadaya : Jakarta.

Maryani, Kartika, dkk. 2016. Analisis Saluran Pemasaran dan Komparatif Analisis Ekonomi Kubis Berdasarkan Bahan Kemasan di DKI Jakarta.

Radot, V. 2018. Analisis Efisiensi Pemasaran Agroindustri Klanting di Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran.

Soekartawi. 2000. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Saragih, B. 2004. Membangun pertanian dalam Perspektif Agrobisnis dalam Ruang. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Satuhu, Suyanti dan Ahmad Supriyadi, Pisang (Budidaya, Pengolahan dan Prospek Pasar), Jakarta: PT. Penebat Swadaya, 2002.

Sugiyono. 2014. Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suhartanto, M. Rahmad, Msi, Dr Ir, Sobir Msi, Heri Harti SP, Msi. 2012. Teknik Sehat Budidaya Pisang. Pusat Kajian Hortikultura Tropika. LPPM-IPB: Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i2.5283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: