Analisis Efisiensi Pemasaran Benih Ikan Lele Di Desa Situmandala Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis

Ahmad Muklisin, Dini Rochdiani, Budi Setia

Abstract


Penelitian ini bertujan untuk mengetahui : (1) Saluran pemasaran benih ikan lele dari petani sampai konsumen, (2) Besarnya marjin pemasaran benih ikan lele. (3) Besarnya bagian harga yang diterima petani benih ikan lele, dan (4) Efisien tidaknya pemasaran benih ikan lele di Desa Situmandala Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis.             Penelitian ini dilaksanakan di Desa Situmandala Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis dengan menggunakan metode survey dengan jumlah responden  14 orang petani benih ikan lele yang ditentukan secara disengaja berdasarkan pertimbangan tertentu ( purposive sampling ) dan pedagang perantara diambil dengan menggunakan metode penelusuran (snowball sampling). Pedagang perantara  yang diambil  dalam penelitian ini yaitu 6 orang yang terdiri dari 2 orang pedagang pengepul, 1 orang pedagang besar dan 3 orang pedagang pengecer. Data yang di peroleh dianalisis secara deskriptif. Hasil  penelitian menjelaskan, bahwa terdapat dua saluran pemasaran benih ikan lele di Desa Situmandala yaitu,Besarnya marjin pemasaran benih ikan lele pada saluran pemasaran I adalah pada pedagang pengepul yaitu Rp. 80 per ekor dan pedagang pengecer Rp. 55 per ekor. Sedangkan pada saluran pemasaran II pedagang pengepul yaitu Rp. 20 per ekor, pedagang besar Rp. 70 per ekor, dan pada pedagang pengecer  Rp. 50 per ekor. Persentase bagian harga yang diterima petani pada saluran pemasaran I adalah 52,631 persen dan pada saluran pemasaran II  adalah 51,724 persen dari bagian harga yang di bayarkan oleh konsumen.Berdasarkan hasil penelitian, seluruh saluran pemasaran benih ikan lele yang ada di Desa Situmandala sudah efisien, namun saluran pemasaran I merupakan saluran pemasaran yang lebih efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran II. Namun saluran pemasaran II ini yang menjadi pilihan utama pembudidaya.

Keywords


Saluran Pemasaran, Marjin Pemasaran, Farmer’s Share, Efisiensi Pemasaran.

References


Hanafi, AM dan Saefudin (2014). Pembangunan Wilayah Sektor Perikanan, Jakarta : Universitas Indonesia (UI).

Kementrian Kelautan dan Perikanan (2013). Klasifikasi Jenis Perikanan Air Laut, Air Payau dan Air Darat.

Limbong, W.H. dan Sitorus, P. 1987. Pengantar Tataniaga Pertanian. Jurusan Ilmi-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian InstitutPertanian Bogor. Bogor.

Murshid, 1993. Manajemen Pemasaran. Bina Aksara. Jakarta.

Suyanto R, 1999. Budidaya Ikan Lele. Jakarta : Penebar Swadaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i2.5285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: