Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Sapi Potong Rakyat

Tri Wahyudi, Trisna Insan Noor, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Peranan sektor pertanian dalam pembangunan ekonomi sangat penting karena mayoritas anggota masyarakat terutama di negara berkembang bekerja di sektor ini, salah satunya peternak sapi potong rakyat. Permintaan pangan hewani hasil ternak dari waktu ke waktu cenderung meningkat, sementara pasokan dalam negeri belum mampu mengimbangi baik dalam kuantitas maupun kualitasnya. Penelitian ini dilakukan di kelompok Sri Rejeki Utama di Desa Kalapasawit, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Faktor kekuatan dan kelemahan. 2) Faktor peluang dan ancaman. 3) Strategi pengembangan usaha peternakan sapi potong rakyat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode survei. Operasional variabelnya adalah strategi, faktor internal dan faktor eksternal.  Data yang digunakan data primer dan sekunder metode penarikan sampelnya mengunakan purposive sampling dengan sampel jenuh. Penelitian ini dilakukan mulai September 2020 hingga selesai.Hasil penelitian menunjukkan 1) Faktor kekuatan yaitu tersedianya lahan sebagai basis pakan, pengalaman beternak cukup baik, akses transportasi dan sarana pendukung yang baik. Sedangkan faktor kelemahannya yaitu limbah belum dimanfaatkan, keterbatasan modal usaha peternak. 2) Faktor yang menjadi peluang yang ada yaitu kemudahan dalam memperoleh pakan, ketersediaan limbah pertanian yang melimpah, adanya teknologi IB di masyarakat, dukungan pemerintah daerah. Sedangkan yang menjadi faktor ancaman yaitu harga pakan konsentrat fluktuatif, belum adanya kerjasamanya kemitraan, adanya produk substitusi dan fluktuasi harga sapi. 3) Strategi pengembangan usaha di dalam kudran 1 maka strategi yang harus diterapkan adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy).

Keywords


Strategi, Pengembangan, Ternak sapi potong.

References


Abidin Zaenal. 2011. Penggemuukan sapi potong (revisi). Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Arbi Jentry S. Lahe dkk. 2016. Analisis usaha Kelompok Ternak ternak sapi “pelita” di Desa Tonsewer Kecamatan Tombaso Barat Kabupaten Makasar. Jurnal Zootek, 30 (1): 207-217.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik (BPS) “Impor Daging Sejenis Lembu Menurut Negara Asal Utama, 2010-2018”. Publikasi Statistik Indonesia.Di akses dari http//www.bps.go.id/.diakses pada 17 januari 2020 pukul 20.00 WIB.

Badan Pusat Statistik (BPS) “Produksi Daging Sapi menurut Provinsi (Ton)”. Publikasi Statistik Indonesia.Di akses dari http//www.bps.go.id/.diakses pada 17 januari 2020 pukul 20.10 WIB.

Badan Pusat Statistik (BPS) “Rata-Rata Konsumsi per Kapita Seminggu Beberapa Macam Bahan Makanan Penting, 2007-2018”. Publikasi Statistik Indonesia.Di akses dari http//www.bps.go.id/.diakses pada 17 januari 2020 pukul 20.20 WIB.

David, F R. 2004. Manajemen Strategis Konsep-Konsep. Jakarta.PT. Indeks Kelompok Gramedia.

David, F.R. 2009. Manajemen Strategis, Jakarta: Salemba Empat.

Dumairy. 1996. Perekonomian Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ekowati, Titik. 2012. Analisis Usaha Ternak Sapi Potong dan Optimalisasi Usaha Peternakan Berbasis Sistem Agribisnis di Jawa Tengah (disertasi) Yogyakarta Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Irfan Muhammad, dan Cut Zakia Rizki. 2018. Analisis kelayakan usaha ternak sapi potong di Kecamatan Murah Dua, Kabupaten Pidie Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Jim) Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsyiah, 3 (1) 68-79.

Isyanto, A.Y. dan Sugianto, I. 2016.Factors Influencing Population of Beef Cattle in Ciamis Regency, West Java Province, Indonesia.Journal of Economics and Sustainable Development. 7(22): 34-38.

Isyanto, A.Y. dan Sudrajat. 2019. Keragaan Usaha Penggemukan Sapi Potong Di Kabupaten Ciamis. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 5(1): 33-45.

Malotes J. 2016. Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Sapi Potong Di Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnal Agroland. 23 (3) : 198 – 207.

Nazir mohammad. 2011. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurdayati.2017. Strategi Pengembangan Usaha Sapi Potong Di Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang.Jurnal Polbangtanyoma. 14 (25): 1-7.

Rahardi F dan Hartono. 2003. Agribisnis peternakan (Ed rev).jakarta: Penebar Sewadaya.

Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sitepoe Mangku. 2009. Cara memelihara sapi organik. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d.bandung: Alfabeta.

Prasetyo B. 2015. Analisis Keuntungan Dan Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Sapi Potong Rakyat Perdesaan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali[Sekripsi]. Semarang. Universitas Diponegoro

Purnomo SH, dkk. 2017. Strategi Pengembangan Peternakan Sapi Potong Rakyat Di Kecamatan Wuryantoro Kabupaten Wonogiri. Buletin Peternakan. 41 (4): 484-494.

Vidiayanti, A. 2004. Analisis Pendapatan dan Efisiensi Penggunaan faktor-faktor produksi Pada Usaha Peternakan Sapi Perah (Studi Kasus Kawasan Usaha Peternakan (KUNAK) sapi perah di Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Skripsi, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor, Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i2.5350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: