Manajemen Usahatani Komoditas Jamur Tiram Berkelanjutan Di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu

Ahmad Nurul Hariyanto, Mukhammad Abdan Fadholy, Andreanai Fathur Rozi

Abstract


Komoditas jamur tiram banyak dibudidayakan di Kota Batu. Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji cocok dijadikan sebagai daerah pengembangan jamur tiram, karena kondisi lingkungan yang mendukung. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis data Miles and Huberman. Hasil analisis menunjukkan bahwa manajemen usahatani komoditas jamur tiram di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu sudah berjalan dengan baik mulai dari tahap kegiatan pembibitan, sterilisasi, inokulasi, perawatan, dan pemanenan. Manajemen usahatani berkelanjutan pada komoditas jamur tiram di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu dilaksanakan berdasarkan masalah atau kendala yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menyelesaikan masalah dan kendala yang ada pada manajemen usahatani dalam menjalankan usahatani disektor hortikultura pada komoditas jamur tiram agar usaha yang dijalankan dapat berkelanjutan

Keywords


Jamur tiram, Manajemen, Usahatani

References


Astuti, R. W. A. Zakaria., T. Endaryanto. 2018. Analisis Biaya dan Pendapatan Usaha Pedagang Sayuran di Pasar Tamin Kota Bandar Lampung. JIIA. 6(3): 249–256.

BPS Kota Batu. 2020. Produksi dan Luas Lahan Jamur Tiram di Kota Batu Tahun 2016-2018. diakses pada tanggal 2 Mei 2021, pukul 11.42 WIB. https://batukota.bps.go.id/subject/55/hortikultura.html#subjekViewTab3

Firdaus, M. 2017. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Israwati, I., S. Saediman., dan N. Rahmah. 2018. Peran Perempuan dan Strategi Keberlanjutan Nafkah Rumahtangga Petani Hortikultura Kabupaten Konawe. Jurnal Sosio Agribisnis 3(1): 7–15.

Kusrini, N., R. Sulistiawati, dan Imelda. 2019. Priority Factors in The Development of Sustainable Oyster Mushroom Agribusiness. Jurnal Manajemen dan Agribisnis. 16(1): 86-96.

Lailatusysyukriah. (2015). Indonesia dan Konsepsi Negara Agraris. Jurnal Seuneubok Lada. 2(1): 1–8.

Maulidah, S. 2012. Pengantar Manajemen Agribisnis. Malang: UB Press

Retnaningsih, N., dan N. C. Bambang. 2018. Strategi Pengembangan Jamur Tiram (Pleurotus Ostreatus) di Kelompok Tani Aneka Jamur Desa Gondangmanis Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis. 14(1): 61-68.

Sjamsir, Z., 2017. Pengembangan Pertanian dalam Pusaran Kearifan Lokal. Makasar: CV. Sah Media.

Wulandari, E., Y. Deliana., dan S. Fatimah. 2017. Kerupuk Kulit Mangga sebagai Upaya Diversifikasi Produk Pangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1): 10–13.

Zulfarina, Z., E. Suryawati., Y. Yustina., R. A. Putra., dan H. Taufik. 2019. Budidaya Jamur Tiram dan Olahannya untuk Kemandirian Masyarakat Desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement). 5(3): 358-370.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i2.5360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: