Analisis Pemasaran Kopra Di Desa Cinyasag Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis

Beni Gunawan, Trisna Insan Noor, Budi Setia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Saluran pemasaran kopra di Desa Cinyasag Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis, 2) Besarnya biaya, marjin dan keuntungan pemasaran kopra di Desa Cinyasag Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis, 3) Besarnya perolehan yang diterima produsen kopra di Desa Cinyasag Kecamatan Panawangan Kabupeten Ciamis. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Cinyasag Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Pemasaran kopra di Desa Cinyasag. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat satu saluran pemasaran kopra dari perajin sampai ke tangan konsumen  akhir  yaitu  dari Pengrajin - Pedagang Pengumpul - Pedagang Besar – Konsumen Akhir, 2) Saluran pemasaran kopra melibatkan dua lembaga pemasaran yaitu pedagang pengumpul dan pedagang pengecer. Besarnya total marjin pemasaran pada saluran wilayah pasar Manis Ciamis Rp 4.500,- per kilogram dengan total biaya pemasaran sebesar Rp 476,- per kilogram sehingga total keuntungan pemasaran sebesar Rp 3.024,- per kilogram. Sedangkan pada saluran pasar Kawali, besarnya total marjin pemasaran adalah Rp.4.000,00 per kilogram dengan total biaya pemasaran sebesar Rp. 464,- per kilogram sehingga total keuntungan pemasaran sebesar Rp. 4.536,- per kilogram. Dari kedua saluran pemasaran tersebut, saluran pemasaran Pasar Kawali mempunyai keuntungan terbesar dengan biaya terkecil, 3) Besarnya bagian harga yang diterima perajin (produsen share) pada saluran wilayah pasar Manis Ciamis adalah sebesar  69 persen, sedangkan pada saluran pasar Kawali adalah 75 persen. Dari saluran pemasaran tersebut dapat diketahui bahwa nilai Produsen Share terbesar yaitu saluran pemasaran Pasar Kawali, dikarenakan saluran pemasaran pasar Kawali memiliki marjin terkecil dibandingkan saluran pemasaran pasar Manis Ciamis.

Keywords


Pemasaran, Kopra, Produsen Share

References


Amin, Samsul Munir, 2009, Ilmu Dakwah, Jakarta, Amzah.

Angipora, Marius, P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta

Anisa. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta. Bumi Aksara.

Basu Swastha. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. (Edisi kedua). Cetakan ke sebelas. Yogyakarta. Liberty Offset.

Basu Swastha dan Irawan. 2005. Asas-asas Marketing. Liberty. Yogyakarta.

Christian, Laras. dan Prakoso, Adi. 2009.Pembuatan Minyak Kelapa Murni (VCO) Dengan Metode Fermentasi Dengan Ragi Tempe, Laporan Hasil Penelitian. Fakultas Teknik Kimia. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[Deptan] Departemen Pertanian, 2009. Petunjuk Teknis Verifikasi Dokumen Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP).Jakarta. Departemen Pertanian.

Fatayat, dkk. 2017. (Cocopreneurship) Aneka Peluang Bisnis dari Kelapa. Lily Publisher. Yogyakarta.

Gilarso, 2001. Pengantar Ilmu Ekonomi. Kanisius. Yogyakarta.

Ginting, Paham. 2006. Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian. USU Press. Medan

Hidayat, dkk. 2016. Agribisnis Tanaman Perkebunan. Penebar Swadaya. Jakarta.

Indriyani. 2019. Dasar-dasar Demografi. FE Universitas Indonesia. Jakarta.

Kotler, K. 2009. Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketiga belas. Jakarta. Erlangga

Lukman Syamsudin. 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Minhar, Ikhsan. 2016. Analisis Nilai Tambah Dan Pemasaran Kopra (Kasus: Desa Silo Baru, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan). Jurnal. Hal 122.

Pohan. Indri. Pratiwi. 2016. Analisis dan Nilai Tambah Pemasaran Kopra. Vol 4. Hal 116.

Soekartawi. 2002.Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suharyani. 2012.Tanaman Kelapa, Budidaya Dan Pemanfaatannya. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Syafrini E. 2013. Minyak kelapa [Serial Online]. [Skripsi]. Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara.

Wijaya Hengki Prasetio.2006. Analisis Saluran Pemasaran Kopra (Studi Kasus Di Desa Sindangsari Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran). Vol 4. Hal. 132.

Yesi, dan Hidayah. 2014. Pembuatan virgin coconut oil (VCO) dengan metode sentrifugasi. Surabaya. Fakultas Teknologi Industri UPN ”Veteran” Jatim. Hal. 1-8




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i2.5364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: