ANALISIS KAPABILITAS PETANI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRODUKSI DALAM USAHATANI PADI SAWAH (Studi Kasus di Desa Bugel Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya)

Husni Khamdan Fariz, Dedi Herdiansah Sujaya, Zulfikar Noormansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) menganalisis kapabilitas petani dalam berusahatani padi sawah di Desa Bugel Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya (2) menganalisis pengaruh berbagai tingkat kapabilitas petani terhadap produksi padi di Desa Bugel Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survei, yaitu suatu metode pengamatan atau penyelidikan langsung yang kritis untuk mendapatkan keterangan yang jelas dan baik terhadap suatu persoalan tertentu di dalam suatu daerah tertentu. Sasaran penelitian ini adalah petani padi sawah di Desa Bugel Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya yang melakukan usahatani padi sawah. Hasil penelitian menunjukkan kapabilitas petani di Desa Bugel secara rata-rata tergolong rendah. Rendahnya kapabilitas petani dibentuk oleh komponen pembentuk kapabilitas yaitu akses modal, penggunaan pupuk, akses pasar produk pertanian, pengendalian hama dan penyakit, serta tingkat kosmopolitan. Petani yang memiliki kapabilitas sangat rendah sebesar 27,08 persen, 25,00 persen untuk petani dengan tingkat kapabilitas rendah dan kapabilitas tinggi, dan 22,92 persen untuk kapabilitas sangat tinggi. Produksi padi sawah pada petani dengan tingkat kapabilitas sangat tinggi lebih besar dibanding petani dengan tingkat kapabilitas tinggi rendah, dan sangat rendah. Hal ini berarti kapabilitas petani berpengaruh secara signifikan terhadap produksi padi di Desa Bugel Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Tasikmalaya. 2014. Tasikmalaya Dalam Angka 2014. BPS. Tasikmalaya.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tasikmalaya. 2014. Kecamatan Ciawi Dalam Angka 2014. BPS. Tasikmalaya.

Djarwanto, P.S. 2000. Statistik Induktif. BPFE. Yogyakarta.

Ramdhani, D. R. 2002. Peranan Kelompok Tani dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Petani dalam Pengambilan Keputusan Usahatani (Kasus Petani Lada di Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Provinsi Kalimantan Timur). Tesis. Program Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Singarimbun, M. dan S. Effendi. 2006. Metode Penelitian Survei. Cetakan kedelapanbelas. LP3ES. Jakarta.

Sugiarto. 2003. Tenik Sampling. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Supranto, J. 2001. Statistik Teori dan Aplikasi. Cetakan kedua. Erlangga. Jakarta.

Wijono, W., 2005. Mengungkap Sumber-sumber Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dalam Lima Tahun Terakhir. Jurnal Manajemen dan Fiskal Vol.5 No.2. UI Press, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v2i2.63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: