Peran P3A Dalam Peningkatan Produktivitas Padi Di Desa Bantarkalong Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya

Budiman Budiman, Iwan Setiawan, Sudrajat Sudrajat

Abstract


Pembangunan pertanian pada saat ini diarahkan pada peningkatkan produktivitas yang diupayakan melalui program rehabilitasi jaringan irigasi tersier. P3A sebagai pengelola jaringan irigasi tersier harus berperan maksimal sehingga pelayanan irigasi dapat berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil dan peran P3A Alam Lestari dalam peningkatan produktivitas usahatani padi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei di Desa Bantarkalong Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Sampel penelitian sebanyak 84 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik skoring berdasarkan fungsi P3A sebagai wahana belajar, wadah kerjasama, modal sosial, pengelola prasarana irigasi, dan layanan jasa yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan P3A berperan dalam peningkatan produktivitas usahatani padi. Berdasarkan fungsinya, P3A berada pada kategori sangat berperan sebagai wahana belajar, wadah kerjasama, modal sosial, dan pengelola sarana irigasi. Sedangkan fungsi P3A sebagai layanan jasa berada pada kategori berperan

Keywords


peran, P3A, produktivitas padi

References


Aira, A. 2014. Peran Manajemen Aset Dalam Pembangunan Daerah. Jurnal Penelitian Social Keagamaan, 17 : 21-39.

Arifin dan Biba, A. 2017. Pengantar Agribisnis. Mujahid Press : Bandung.

BPS. 2021. Statistik Indoneisa 2021. Jakarta.

DISPERPAKAN. 2020. Laporan Perkembangan Padi Organik 2019. Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan : Kabupaten Tasikmalaya.

___________. 2021. Calon Petani Calon Lokasi Kegiatan UPLAND. Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan : Kabupaten Tasikmalaya.

Hasibuan, R.A. Trismiaty, dan Ismiasih. 2018. Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Pengembangan Kelompok Tani Di Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal MASEPI, 3(2) : 1-47.

Mahananto, Sutrisno, S., & Ananda, C. F. (2009). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Padi Studi Kasus Di Kecamatan Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah. Wacana, Jurnal Sosial Dan Humaniora, 12(1), 179–191.

Mamahit. Y., Wangke, W.M. dan Benu, N.M. 2016. Kajian Modal Sosial Pada Kelompok Tani di Desa Tumani Kecamatan Maesaan Kabupaten Minahasa Selatan (Kelompok Tani Esa Waya Dan Kelompok Tani Sinar Mas). Agri Sosio Ekonomi , 12 (2A) : 125 – 136.

Mantra, I.B. 2004. Demografi Umum. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Padmowihardjo, S. 2002. Evaluasi Penyuluhan Pusat. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pratama, B.P., Sayamar,E. dan Tety, E. 2016. Peran Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Swadaya Kelapa Sawit di Desa Bukit Lingkar Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. Jom Faperta, 3(2) : 1-11.

Ramadhan, A., Utama, S.P. dan Irnad. 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja Kelompok Tani Dan Peranan Sumberdaya Kontak Tani Terhadap Kinerja Petani Desa Sido Urip Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 7(2) : 1-8.

Soekartawi. 2002. Analisis Usahatani. Jakarta: UI-Press.

Sumaryanto. 2006. Peningkatan Efisiensi Penggunaan Air Irigasi Melalui Penerapan Iuran Irigasi Berbasis Nilai Ekonomi Air Irigasi. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 24(2) : 77 – 91.

Wuysang, R. 2014. Modal Sosial Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Suatu Studi Dalam Pengembangan Usaha Kelompok Tani Di Desa Tincep Kecamatan Sonder. Journal “Acta Diurna”, III (3) : 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i1.6404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: