Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Lyly Bakery Lamongan

Endang Triana Sholikhah, Setyo Parsudi, Eko Nurhadi

Abstract


Produk roti merupakan salah satu jenis pangan yang paling dikenal di kota Lamongan. Salah satu usaha industri roti di Lamongan yaitu Lyly Bakery Lamongan. Lyly Bakery Lamongan perlu menyusun strategi agar tetap bertahan dan dapat mengembangkan usahanya agar lebih maju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen Lyly Bakery Lamongan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian Lyly Bakery Lamongan. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian dan teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen Lyly Bakery Lamongan yang pernah membeli dan mengkonsumsi roti Lyly minimal 2 kali.  Metode analisis yang digunakan adalah Partial Least Square menggunakan Warp PLS 7.0. Karakteristik konsumen  Lyly Bakery Lamongan sebagian besar perempuan dengan usia 17-25 tahun  dengan tingkat pendidikan SMA/SMK dan pendapatan/uang saku sekitar Rp 500.000 – Rp 1.500.000 per bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, faktor budaya dan faktor sosial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian roti Lyly Bakery Lamongan.

Keywords


Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Faktor Budaya, Faktor Sosial, Keputusan Pembelian, Lyly Bakery Lamongan

References


Adhitama, R. M., & Maskan, M. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Roti Boy Mog Malang (Studi pada Mahasiswa DIV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang Tahun Akademik 2017/2018). J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 423–427.

Anoraga, P. (2000). Manajemen Bisnis. PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Kotler, Philip & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Jilid 1). Erlangga.

Mananeke, Lisbeth & Jopie, J. R. (2017). Pengaruh Faktor-faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Holland Bakery Manado. 245 Jurnal EMBA, 5(2), 245–255.

Purimahua. (2005). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen (Edisi Keem). Gramedia Pustaka Utama.

Sumarwan, U. (2003). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, (Pertama). Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F. (2004). Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. andi.

Umadji, N Lapian & S L H V Joyece Jorie, R. J. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian roti di bread factory. 7(4), 6086–6095.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i1.6440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: