Saluran Dan Marjin Pemasaran Belimbing Madu (Averrhoa Carambola L)

Lia Kirana, Trisna Insan noor, Tiktiek Kurniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Besarnya marjin,  biaya, dan keuntungan pemasaran belimbing madu di Desa Waringinsari, 2. Saluran pemasaran belimbing madu di Desa Waringinsari, 3. Bagian yang diterima petani (Farmer’s Share). Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel petani responden ditentukan secara sengaja (purposive sampling). Hasil penelitian menunjukan bahwa :  1. Besarnya marjin pemasaran pada saluran pemasaran 1 sebesar Rp. 3.000,- per kilogram dan pada saluran pemasaran 2 sebesar Rp. 3.800,- per kilogram. Biaya pemasaran pada saluran 1 sebesar Rp. 1.450,- per kilogram dan pada saluran pemasaran 2 sebesar Rp. 1.750,- per kilogram. Keuntungan yang diperoleh pada  saluran pemasaran 1 sebesar Rp. 1.550,- per kilogram dan pada saluran 2 sebesar Rp. 2.050,- per kilogram. 2. Terdapat 2 saluran pemasaran belimbing madu diDesa Waringinsari Kecamatan Langensari Kota Banjar dan melibatkan 3 lembaga pemasaran (3) Farmer’s Share pada saluran pemasaran 1 sebesar 81,25% dan pada saluran pemasaran 2 sebesar  76,25%.

Keywords


Marjin pemasaran, belimbing madu, saluran pemasaran

References


Angipora, M. 2002. Dasar – dasar Pemasaran edisi ke dua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Kota Banjar. 2021. Kota Banjar Dalam Angka Banjar Municipality in Figures 2020. Kota banjar. BPS-Statistic of Banjar Municipality.

Kohls Richard L dan Joseph N Uhl. 2002. Marketing of Agricultural Product. Prentice Hall. New Jersey.

Rozalani, 2006. Analisis Pemasaran Pisang di Kota Langsa. Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Samudra.

Rukmana, R, 1994. Budidaya Belimbing Madu. Yogyakarta : Kanisius.

Samadi, B. 2002. Teknik Budidaya Belimbing Madu. Kanisius. Yogyakarta. 63 hal.

Sumpena, U, 2001. Budidaya Belimbing Intensif. Penebar Swadaya. Jakarta.

Swasta dan Irawan. 1993. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Liberty.

Swasta, Basu dan Irawan. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta.

Tafajani, D.S, 2011. Panduan Komplit Bertanam Sayur dan Buah-buahan. Cahaya Atma. Yogyakarta.

Wijoyo, P.M, 2012. Budidaya Belimbing yang lebih menguntungkan. Jakarta : PT Pustaka Agro Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i1.6442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: