Strategi Pemasaran Jenang Jubung Sebagai Jajanan Tradisional Khas Kota Gresik Pada Masa Pandemi Covid-19

Sheila Alyani Hashifah, Nuriah Yuliati, Mubarokah Mubarokah

Abstract


Kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha jajanan khas Kota Gresik pada masa pandemi Covid-19 khususnya Jenang Jubung adalah menurunnya volume penjualan akibat berkurangnya jumlah wisatawan yang berkunjung dan membeli Jenang Jubung untuk dijadikan oleh-oleh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis (1)Faktor internal dan eksternal pemasaran Jenang Jubung khas Kota Gresik pada masa pandemi Covid-19, dan (2)Alternatif strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan Jenang Jubung khas Kota Gresik di masa pandemi Covid-19. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan mengambil tiga unit usaha Jenang Jubung dan 30 orang konsumen Jenang Jubung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Kondisi internal pada usaha Jenang Jubung memiliki faktor kekuatan terbesar yaitu harga produk Jenang Jubung yang terjangkau dengan nilai sebesai 0,385 dan faktor kelemahan terbesar yaitu tidak adanya potongan harga (diskon) untuk pembelian produk Jenang Jubung pada masa pandemi covid-19 dengan nilai sebesar 0,1. Sedangkan kondisi eksternal pada usaha Jenang Jubung memiliki faktor peluang terbesar yaitu masih terjalinnya hubungan yang baik antara produsen dengan pemasok bahan baku produk Jenang Jubung di masa pandemi covid-19 dengan nilai sebesar 0,39 dan faktor ancaman terbesar yaitu masa pandemi dan kebijakan PPKM (Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) selama masa pandemi covid-19 denan nilai sebesar 0,09 (2)Alternatif strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan pada usaha Jenang Jubung di Kota Gresik pada masa pandemi Covid-19 adalah penetrasi pasar yang mendapatkan nilai TAS tertinggi yaitu sebesar 5.968.

Keywords


Strategi Pemasaran, Alternatif Strategi, Jenang Jubung

References


Aminy, A., & Fithriasari, K. (2021). Analisis Dampak Covid-19 Bagi UMKM Di Jawa Timur. Seminar Nasional Official Statistics, 2020(1), 15–22.

https://doi.org/10.34123/semnasoffsta t.v2020i1.646

Aulia, S. (2020). Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital. Jurnal Komunikasi, 12(2), 311–324. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.982 9

Baadila, N. R., Tjahjono, E., & Mulyati,

A. (2020). Analisis SWOT Sebagai Alat Bantu Dalam Menetapkan Strategi Pemasaran UD. Rizky Barokah Surabaya. 1–9.

David, F. R., & David, F. (2016). Manajenen Stratejik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing (15th ed.). Salemba Empat.

Hasanah, T. U., Nurhadi, & Rahman, A. (2021). Modal Sosial dan Strategi Kelangsungan Usaha Sektor Informal Pedagang Kaki Lima pada Era Pandemi COVID-19. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(2), 58–70. https://doi.org/10.21831/socia.v17i2.3 5754

Juliandi, F., Niati, A., & Rizkiana, C. (2021). Strategi Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan. SOLUSI : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(3), 181–

Narto, & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54.

https://doi.org/10.30656/intech.v6i1.2 195

Noviyanti, E., & Suprajang, S. E. (2015). Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan Dan Keputusan Pembelian Pada Ud. Prima Tulungagung. 31–47.

Perdamaian, P. D. J., Puspita, A., & Frida,

N. (2020). Strategi Mempertahankan dan Mengembangkan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19 Serta Mengetahui Dampak Perkembangan dan Pertumbuhan COVID-19 di Indonesia. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 28– 36. https://aktiva.nusaputra.ac.id/article/v iew/61

Prastiti, E. D., Mariam, I., & Siambaton,

E. (2019). Analisis Faktor Internal dan Faktor Eksternal dalam Strategi Pengembangan Bisnis pada PT ESA JAYA GLOBAL. Epigram, 15(2). https://doi.org/10.32722/epi.v15i2.1241

Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(1), 29–44.

Siraj, D., & Fikrah. (2020). Analisis Pengaruh Luas Lahan Parkir Terhadap Pendapatan Pemilik Usaha Kafe dan Restoran di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 5(4), 222–233.

Widiyarini, & Hunusalela, Z. F. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM dalam Upaya Peningkatan Penjualan T Primavista Solusi. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(4), 384–397. https://doi.org/10.30998/jabe.v5i4.41 86




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i1.6524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: