Sikap Konsumen Terhadap Atribut Susu Sapi Segar Dan Susu Cair Dalam Kemasan Di Surabaya

Puteri Arta Santoso, Sudiyarto Sudiyarto, Setyo Parsudi

Abstract


Konsumsi susu di Indonesia meningkat. Banyak variasi susu yang tersedia di pasar, salah satunya susu sapi segar dan susu olahan pabrik. Hal ini menyebabkan persaingan pasar meningkat. Atribut produk menjadi pertimbangan dalam pembelian produk susu. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis sikap konsumen terhadap susu sapi segar dan susu cair dalam kemasan di Surabaya. Sampel penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan responden berjumlah 60 orang. Penelitian ini menggunakan teknik Analisis Deskriptif dan Analisis Fishbein dengan bantuan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian ini adalah atribut susu yang dianggap penting yaitu kesegaran, rasa, dan harga kemudian atribut yang dipercaya oleh susu sapi segar adalah kesegaran,rasa, dan harga sedangkan dalam susu air dalam kemasan atribut yang dipercaya yaitu rasa, varian rasa dan bahan kemasan. Hasil skor analisis Fishbein susu sapi segar sebesar 140,69 dan susu cair dalam kemasan sebesar 149,23 sehingga dapat disimpulkan sikap konsumen terhadap atribut susu sapi segar dan susu cair dalam kemasan bernilai positif atau suka.

Keywords


Sikap, konsumen, atribut, susu

References


Badan Pusat Statistik. (2018). Konsumsi Susu Indonesia 2018-2019. Badan Pusat Statistika, Jakarta

Kementrian Pertanian. (2019). Outlook Susu Indonesia. Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Jakarta

Kotler & Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Penerbit Erlangga, Jakarta

Muliasari, R.M. & Rachmina, D. (2017). Keputusan Pembelian dan Sikap Konsumen Roti Merek Sari Roti (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Institu Pertanian Bogor). Forum Agribisnis : Agribusiness Forum 5(1): 89-104

Nugraha, A. Sumarwan, U & Simanjutak, M. (2017). Faktor determinan preferensi dan perilaku konsumsi teh hitam dan hijau. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 14(3): 198-208

Pramesti, N. E., & Yudhastuti, R. (2018). Analysis of Distribution Process to the Increasing of Escherichia Coli in Dairy Fresh Milk Products from X Cattle Farm in Surabaya. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 9(2): 180-190

Prastiwi, W.D., & Setiyawan, H. (2016). Perilaku Konsumsi Susu Cair Masyarakat di Daerah Perkotaan dan Pedesaan. Jurnal Agriekonomika, 5(1): 41-53.

Qomariyah, N., Santoso, J., & Effendi.M. (2014). Analisis sikap konsumen dan kinerja atribut kopi bubuk sidoluhur (Studi kasus di UKM kopi bubuk sidoluhur kota malang. Jurnal industia: Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 3 (1): 53-61

Roswitasari, Linda. (2012). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhiperilaku konsumen dalam keputusan pembelian susu cair ultra milk (Studi kasus mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor). Skripsi. Departermen Manajemen IPB Bogor

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Alfabeta, Bandung

Sumarwan, Ujang. (2004). Perilaku konsumen: Teori dan Penerapan dalam pemasaran Edisi Pertama. Ghalia Indonesia, Bogor

Utami, R. W. 2009. Segmentasi dan Analisis Perilaku Konsumen Kopi Bubuk. J-SEP, 3(2):49-58

Widiyanti, W. (2019). Sikap Konsumen Terhadap Multiatribut Produk Domino Pizza dengan Metode Fishbein di Depok. Jurnal Cakrawala Humaniora Bina Sarana Informatika 19(1): 107-112

Widiyanto, N.A. Adhi, A.K & Daryanto, H.K. (2016). Atribut-atribut yang Mempengaruhi Sikap dan Preferensi Konsumen dalam Membeli Buah Apel di Kota Surabaya dan Kota Malang, Jawa Timur. Jurnal Ilm. Kel. & Kons 9(2): 136-146

Yuliana, Y. Hendrarini, H. & Parsudi, S. (2020). Selara Konsumen Terhadap Atribut Produk dalam Keputusan Pembelian Minuman Susu Miucuu Surabaya. Jurnal E-MAGRI, 8(2): 129-136




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i1.6528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: