Analisis Nilai Tambah Agroindustri Baketrak

Cepi Hendiana Nugraha, Dini Rochdiani Rochdiani, Rian Kurnia Kurnia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1). Menghitung pendapatan dari pengolahan ubi kayu menjadi baketrak yang dilakukan oleh pengusaha agroindustri pengolahan baketrak “Hehet” di Desa Karangmekar Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya (2). Menghitung nilai tambah dari pengolahan ubi kayu menjadi baketrak yang dilakukan oleh pengusaha agroindustri pengolahan baketrak “Hehet” di Desa Karangmekar Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sampel penelitian diaambil secara purposive sampling, karena agroindustri baketrak “Hehet” merupakan agroindustri yang memproduksi baketrak dalam jumlah cukup besar, dan usahanya sudah lama yaitu selama 20 tahun dibandingkan dengan agroindustri lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1). Pendapatan agroindustri baketrak “hehet” di Desa Karangmekar Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya dalam satu kali proses produksi yaitu Rp. 111,555,71. (2). Nilai tambah yang diperoleh agroindustri baketrak “hehet” di Desa Karangmekar Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya yaitu Rp. 9.683,33,00/kg dan memperoleh keuntungan Rp. 7.433,33/kg.

Keywords


Agroindustri, Pendapatan, Nilai Tambah

References


Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.

Kuswandi, Andre Kurniawan. Pengaruh penggunaan Hydroxypropyl Methylcellulose sebagai edible coating terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik stick Ubi Kayu. Diss. Widya Mandala Catholic University Surabaya, 2017.

Mutmaini Hamidah, dkk. Analisis Nilai Tambah Agroindustri Kripik Ubi di Pontianak. Jurnal Social Economic of Agriculture, Volume 4, Nomor 2, Desember 2015, hlm 60-73.

Nurul Fitry, Dedi Herdiansah Sujaya, and Tito Hardiyanto. “Analisis Nilai Tambah Agroindustri Kecap. (Studi Kasus pada Pengusaha Kecap Cap Jago di Desa Cibenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran) Analisis Nilai Tambah Agroindustri Kecap (Studi Kasus pada Pengusaha Kecap Cap Jago di Desa Cibenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran)." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 3.3 (2017): 352-359.

Santosa, Ribut. "Kelayakan finansial dan nilai tambah usaha agroindustri keripik ubi kayu di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep." Jurnal Pertanian 14.1 (2017): 21-22.

Suratiyah dalam Robi Nurdiana. “Analisis Biaya, Penerimaan, Pendapatan Dan R/C Agroindustri Keripik Ubi Kayu”. (2018):24:25




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i1.6666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: