Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Minuman Teh PT. Gunung Subur Sejahtera

Jaurdan Fernando Alfa Nainggolan, Liska Simamora

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan perusahaan PT. Gunung Subur Sejahtera sebagai industri teh yang memperluas jangkauan pasarnya dengan membuat berbagai outlet yang dinamakan Tea-House. Persaingan sesama pengusaha industri teh semakin hari semakin ketat sehingga setiap pelaku usaha diharuskan memiliki strategi masing-masing. Salah satu strategi untuk memenangkan persaingan adalah dengan cara mengupayakan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen terhadap produk minuman dan faktor-faktor yang mendorong konsumen mengonsumsi produk miuman di Tea-House Gardoe. Data penelitian dikumpulkan dengan melakukan metode survei. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yaitu konsumen Tea House Gardoe Solo. Data dianalisis menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara harga, promosi, kualitas produk, dan tempat terhadap kepuasan konsumen, dan tidak ada pengaruh antara gaya hidup terhadap kepuasan konsumen Tea-House Gardoe Solo. Saran kepada perusahaan hendaknya membuat progress baru dalam mengembangkan konsep penjualan dan memeperhatikan aspek kualitas produk seperti makanan dan minuman yang ditawarkan.

Keywords


harga, promosi, kualitas produk, gaya hidup dan kepuasan konsumen

References


Ajisaka. (2012). Teh Dahsyat Khasiatnya. Stomata.

Amanah, D. (2010). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada majestyk bakery & cake shop cabang HM Yamin Medan. Jurnal keuangan & bisnis, 2(1), 71-87.

Arif, H. (2003). Teh dan Khasiatnya Bagi Kesehatan, Sebuah Tinjauan Ilmiah. KANISIUS (Anggota IKAPI).

Budiastari, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Beton Siap Pakai Holcim Di Jakarta. Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis, 1(1), 87-106.

Cahyani, F. G., & Sitohang, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).

Danang, S. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. CAPS.

Fachruzi, A. (2012). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi kKepuasan Pelanggan Pada PT. Hasrat Abadi di Makasa. Jurusan Manajmen, FE-UNHAS.

Kotler. (2006). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Ke duabelas. Erlangga.

Kotler & Amstrong. (2007). Dasar-dasar Pemasaran. England: Alih Bahasa Alexander Ltd.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Listyorini, S. (2012). Analisis Faktor Gaya Hidup dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Rumah Sehat Sederhana. 1(1).

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi III. Salemba Empat.

Mieka, E. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen, Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Napitupulu, M. G. P. (2013). Pengaruh Gaya Hidup, Motivasi, Dan Persepsi Konsumen Pria Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Salon Tiara Di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(2).

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Cetakan Keenam. Ghalia.

Ramadhan, A. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Servis Berkala Pasa Dealer Nissan Basuki Rahmat di Kota Surabaya. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Setyamidjaja. (2000). Teh : Budidaya dan Pengolahan Pascapanen. Kanisius.

Suandari, R. (2016). Penentuan Kadar (-)-Epigalokateknik Galat (EGCG) Dalam Produk Teh Hijau Celup dan Produk Teh Hitam Celup Pada Penyeduhan Berulang Dengan Metode KCKT. Fakultas Famasi Universitas Airlangga Departemen Kimia Farmasi.

Swastha, B. (2000). Manajemen Pemasaran Modern Yogyakarta. Liberty.

Setiarini, A. R. 2020. Masker sebagai Pencegah Gangguan Pernapasan pada Pekerja (Studi Kasus PT GUNUNG SUBUR SEJAHTERA Karanganyar).

Sari, I. P., Anindita, R., & Setyowati, P. B. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji. HABITAT, 29(2), 57-64.

Wulandari, N., & Mudiantono, M. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Kopikita Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i1.6677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: