Analisis Kelayakan Finansial Agroindustri Nata De Coco

Astiawati Astiawati, Iwan Setiawan, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Agroindustri Nata De Coco merupakan daur ulang bioteknologi dari kelapa dengan prospek bisnis yang bernilai ekonomis tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Kelayakan finansial agroindustri nata de coco; (2) Tingkat sensitivitas agroindustri nata de coco. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif, dengan metode studi kasus pada Agroindustri Nata de Coco di Desa Kedung Wuluh Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Teknik penarikan sampel dengan teknik purposive sampling yaitu secara sengaja, dengan pertimbangan agroindustri yang masih berproduksi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa agroindustri nata de coco layak untuk dijalankan karena hasil NPV dengan tingkat diskonto 3 persen memperoleh manfaat sebesar Rp. 112.662.986, Nilai Net B/C > 1 yaitu sebesar 2,36. Nilai IRR atau dari investasi yang ditanam pada agroindustri nata de coco memperoleh nilai 51 persen. Payback Period diperoleh pada tahun pertama di bulan ke 8, dilanjutkan dengan analisis sensitivitas dengan asumsi kenaikan harga bahan baku dan harga jual produksi menurun sebesar 5% menunjukkan bahwa agroindustri nata de coco layak untuk dijalankan atau di usahakan kembali.

Keywords


Agroindustri, Kelayakan Finansial, Nata De Coco.

References


Agriananta Fahmi Hidayat. Zulhan Widya Baskara1 , Wiharyani Werdiningsih1, Yeni Sulastri1.2018. Analisa Kelayakan Finansial Usaha Agroindustri Abon Ikan Di Tanjung Karang, Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian Dan Biosistem, Vol.6 No.1.

Amin S dan Prabandano K. 2014.Cocopreneurship Aneka Peluang Bisnis dari Kelapa. Yogyakarta: Lily Publisher.

Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian. 2017. Statistik Perkebunan Indonesia 2015 – 2017 Kelapa. Jakarta: Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian.

Gittinger, J.P. 1986. Analisa Ekonomi Proyek Proyek Pertanian. Terjemahan dari : Ekonomic Analysis of Agriculture. Sutomo S dan Mangiri K. Jakarta: UI Press.

Kusuma P.T.W.W. dan Mayasti N.K.I. (2014). Analisa Kelayakan Finansial Pengebangan Produksi Komoditas Lokal: Mie Berbasis Jagung.Agritech, Vol 34, No.2. mei 2014.

Mulyani, Mayang Santi. 2020. Analisis Kelayakan Finansial Agroindustri Tepung Aren. Prodi Agribisnis. Fakultas Pertanian.Universitas Galuh.

Nazir M, 2011. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Bogor.

Pujawan, I.N. 2004. Ekonomi Teknik. Surabaya: Penerbit Guna Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i1.6729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: