ANALISIS SALURAN PEMASARAN KRIPIK UBI KAYU (Studi Kasus pada Perusahaan Jaya Sari di Desa Selamanik Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis)

Saepul Aziz, Yus Rusman, Sudrajat Sudrajat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Saluran pemasaran kripik ubi kayu pada Perusahaan Jaya Sari di Desa Selamanik Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis, (2) Besarnya biaya, marjin dan keuntungan pemasaran kripik ubi kayu pada Perusahaan Jaya Sari di Desa Selamanik Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis, (3) Besarnya bagian harga yang diterima produsen (producer’s share) kripik ubi kayu pada Perusahaan Jaya Sari dari harga eceran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini studi kasus. Data yang diperoleh terdiri dari data primer dan sekunder. Jumlah responden sebanyak 14 orang, satu orang produsen, dua orang pedagang pengumpul, satu orang pedagang besar dan sepuluh orang pedagang pengecer. Hasil penelitian diketahui bahwa : 1. Terdapat dua saluran pemasaran : a) Saluran pemasaran I  Konsumenà Pedagang Pengecer à Pedagang Pengumpul àProdusen  b) Saluran pemasaran II  Konsumenà Pedagang Pengecer à Pedagang Besar àProdusen  2. Besarnya biaya, marjin dan keuntungan pada saluran pemasaran I yaitu sebesar Rp. 6,53,- per pcs, Rp. 200,- per pcs dan Rp. 193,47 per pcs. Sedangkan besarnya biaya, marjin dan keuntungan pada saluran pemasaran II sebesar Rp. 9,38 per pcs, Rp. 200,- per pcs, dan Rp. 190,62 per pcs, 3. Berdasarkan hasil penghitungan diketahui bahwa bagian harga yang diterima produsen (Producer’s Share) di Desa Selamanik Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis pada saluran pemasaran I (satu) dan saluran pemasaran II masing-masing sebesar 60 persen.

Full Text:

PDF

References


Angipora. 2002. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Anief, DH,. 2002. Pedoman Sistem Jaminan Mutu melalui Standar Prosedur operasional (SPO) Pisang Mas Kirana. Kabupaten Lumajang. Lumajang.

Arikunto, S,. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.. Rineka Cipta. Jakarta.

Azhari, D.H,. 2004. Dukungan Pengolahan dan Pemasaran Hasil terhadap Pengembangan Agribisnis Hortikultura. Makalah Disampaikan pada Pertemuan Sinkronisasi Pelaksanaan Pengembangan – Hortikultura 2004. Cisarua Bogor, 24 – 27 Mei 2004. Bogor.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis. 2014. Data Keadaan Tanaman dan produksi Ubi Kayu di Kabupaten Ciamis Tahun 2014.Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis. Ciamis.

Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Ciamis. 2014. Potensi Industri di Kabupaten Ciamis 2014. Ciamis. Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Ciamis. Ciamis.

Http://Www.Kadae.Com/Mobile_Faq.Php. diakses pada tanggal 30 Juni 2015.

Iskandar, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta. Gaung Persada Perss.

Saragih, B. 2004. Membangun Pertanian dalam Perspektif Agrobisnis dalam Ruang. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis, Bandung, CV. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v2i2.68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: