TINGKAT PENERAPAN TEKNOLOGI PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU (PTT) PADA USAHATANI PADI SAWAH (ORYZA SATIVA L.) (Suatu Kasus Di Desa Rejasari Kecamatan Langensari Kota Banjar)

Teti Tresnaningsih, Dedi Herdiansah Sujaya, Tito Hardiyanto

Abstract


Tujuan penelitian penulis adalah untuk melihat tingkat keberhasilan tingkat penerapan teknologi model PTT, dan kendala yang dihadapi petani dalam hal penerapan teknologi PTT. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive sampling, yaitu dengan sengaja di desa Rejasari Kecamatan Langensari Kota Banjar yang didasarkan bahwa desa Rejasari merupakan desa yang terbanyak kelompoktani yang menerapkan teknologi model PTT tersebut, untuk responden diambil petani sebanyak 34 orang, sedangkan untuk melihat tingkat keberhasilan penerapan teknologi model PTT menggunakan scoring. Hasil penelitian tingkat penerapan teknologi PTT adalah: Dalam tingkat penerapan komponen teknologi dasar termasuk dalam kategori sedang, sedangkan dalam tingkat penerapan komponen teknologi pilihan termasuk dalam kategori tinggi. Masih ada beberapa kendala yang dihada pi petani diantaranya: (a) Penerapan teknik sistem tanam jajar legowo dengan jajar legowo 2:1 dan jajar legowo 4:1 belum bisa dilaksanakan oleh sebagian besar petani. (b) Penanaman bibit 1 sampai 3 per rumpun belum bisa dilaksanakan secara maksimal, karena masih ditemukannya serangan hama keong mas.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta (Jakarta, 2002).

Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Langensari. 2014. Data Produksi Padi sawah Kecamatan Langensari Kota Banjar. Banjar.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, 2011. Data Produksi Tanaman Pangan. Jakarta.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat. 2011. Petunjuk Teknis Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) Padi Sawah. Bandung.

Daniel, Moehar. 2002. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Banjar. 2014. Laporan Tahunan Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Tahun 2014. Banjar.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat. 2013. Upaya Peningkatan Produksi Tanaman Pangan di Jawa Barat. Bandung.

Kementerian Pertanian republik Indonesia. 2013. Pedoman Teknis Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) Padi dan Jagung. Jakarta.

Slamet, M. 2003. Membentuk Pola Perilaku Manusia Pembangunan. Cetakan Pertama.

IPB press. Bandung Soekanto. 2000. Sosiologi Suatu Pengantar. Bina

Cipta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v2i2.69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: