EFEKTIVITAS KEMITRAAN PETERNAK SAPI PERAH DENGAN KOPERASI AGRRIBISNIS DANA MULYA, KECAMTAN PACET, KABUPATEN MOKOKERTO

Ahmad Al-Fahmi Bagus kuncoro, Sudiyarto Sudiyarto, Pawana Nur Indah

Abstract


Produksi dan populasi sapi perah serta hasil ternak di koperasi agribisnisn Dana Mulya dari tahun ketahun mengalami peningkatan, akan tetapi hal tersebut belum tentu menunjukan efektivitas di kemitraan dengan peternak sapi perah.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Karakteristik peternak sapi yang tergabung dalam Koperasi Dana Mulya, menganalisis pola  kemitraan yang terjadi antara peternak dan koperasi agribisnis Dana Mulya dan menganalisis efektivitas pola kemitraan. Penelitian ini menekankan pentingnya hubungan antara kepentingan kelompok dan individu dalam hubungan kepentingan kelompok dan individu dalam suatu organisasi. Penelitian ini dilakukan diwilayah koperasi agribisnis Dana Mulya Pacet Mojokerto, jumlah responden yang diambil sebanyak 60 peternak mengunakan metode quota sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik analisis miles dan teknik Huberman dengan pendekatan linkert dan disajikan dengan table distribusi kuantitatif untuk penelitian ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Karakteristik peternak sapi perah berpendidikan rendah, usia 36-50 tahun, sapi produktif 1-2 ekor dan masa berternak 11-15 tahun. 2). Pola kemitraan yang dianut adalah pola kemitraan KOA Kerjasama Operasional Agribisnis. 3). Tingkat kemitraan antara petani dan koperasi sangat efektif.  

Keywords


Efektivitas, Koperasi, Peternak sapi perah,

References


Aini, A. N. (2015). Pengaruh keanggotaan koperasi terhadap pendapatan peternak sapi perah di kud cepogo, kecamatan cepogo, kabupaten boyolali. Bogor (ID) Institut Pertanian Bogor.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Penerbit : PT. Remaja Rosdakarya.

Dinas, P. J. T. (2020). Populasi Sapi perah Jawa Timur. https://statistik.kkp.go.id/

Kementan. (2016). Outlook Susu Komoditas Pertanian Subsektor Peternakan. Pusat Data Dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal - Kementrian Pertanian, 70.

Mattjik. (2004). Pertanian Mandiri: Pandangan Strategis Para Pakar Untu Kemajuan Pertanian Indonesia. Jakarta: Penebar Swadaya.

Maulidah, S. (2012). Pengantar Manajemen Agribisnis (pertama). Tim UB Press.

Purna, A. (2006). Analisis model desain organisasi pada koperasi Perbandingan antara koperasi unit desa karya teguh dan koperasi peternak sapi Bandung utara, Lembang, Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R & D. Bandung Penerbit: Cv Alfa Beta.

Tholkhah, E. D. (2012). Analisis strategi pengembangan Koperasi Susu Bogor. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Yusdja, Y. (2009). MENUJU SISTEM PETERNAKAN YANG DIHARAPKAN Social Economic Development Policy toward the Expected Animal Husbandry. 7(3), 269–282.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i2.6978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: