STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUUDIDAYA IKAN HIAS KOKI (Carrasiuss auratus) DI DESA CIMUNING KECAMATAN MUSTIKA JAYA KOTA BEKASI

Muhammad Taufik Barkah, Abubakar Abubakar, Luthfi Nur’azkiya

Abstract


 Kota Bekasi salah satu daerah yang menghasilkan budidaya perikanan air tawar di Provinsi Jawa Barat. Salah satunya di Desa Cimuning  Kecamatan Mustika Jaya Kota Bekasi, potensi lahan perikanan budidaya secara nasional diperkirakan sebesar 17,92 juta ha yang terdiri potensi budidaya air tawar 2,83 juta ha, budidaya air payau 2,96 juta ha dan budidaya laut 12,12 juta ha. Akan tetapi, dalam pengembangan usaha ikan hias koki terdapat permasalahan seperti kurangnya minat dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempengaruhi produksi budidaya ikan hias koki dan terbatasnya akses penjualan para petani karena kurangnya informasi mengenai pemasaran di desa Cimuning Kecamatan Mustika Jaya Kota Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan acaman dalam pengembangan Usaha Budidaya Ikan Hias Koki di Desa Cimuning Kecamatan Mustika Jaya Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 13 responden. Hasil penelitian analisis QSPM menunjukan bahwa strategi yag menjadi proritas utama adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi untuk memenuhi pasar dengan skor sebesar 9.12 dan strategi yang memiliki skor terkecil adalah menaggulangi ancaman hama dan penyakit dengan input produksi yang dapat dihasilkan sendiri dengan nilai 4.74.

Keywords


Ikan Koki, Strategi Pengembangan, Agribisnis, Karawang, SWOT

References


David, F.R. (2006). Manajemen strategi: konsep, edisi sepuluh. Salemba Empat, Jakarta.

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. (2018). Laporan Kinerja (LKj) Direktorat Jenderal Budidaya Tahun 2018. Dirjen Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. 2019. Produksi perikanan (Ton) tahun 2019. BPS Provinsi Jawa Barat, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya. 2019. Laporan Kinerja (LKj) Direktorat Jenderal Budidaya Triwulan II Tahun 2019. Dirjen Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

Lesmana, D. S. dan Iwan D. 2012. Budidaya ikan hias air tawar. Penebar Swadaya, Jakarta.

Fatimah, F.N.D. 2016. Teknik analisis SWOT. Anak Hebat Indonesia, Yogyakarta.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Windarto, R., Adiputra Y.T., dan Efendi E. (2013). Keragaman karakter morfologi antara Trichodina nobilis dan Trichodina reticulata pada ikan komet (Carrasius auratus). Jurnal Rekayasa dan Teknologi Budidaya Perairan, 1(2): 117-126.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i2.6986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: