PENGARUH PRIVASI, KEPERCAYAAN, DAN SIKAP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DURIAN MELALUI E-COMMERCE

Firdha Rikaz, Iwan Setiawan, Lucyana Trimo

Abstract


Pemanfaatan e-commerce dalam pemenuhan kebutuhan kehidupan semakin nyata, namun seringkali dihadapkan pada kebocoran informasi pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan karakteristik konsumen e-commerce duriand.id; (2) mendeskripsikan privasi, kepercayaan, dan sikap konsumen e-commerce duriand.id; (3) mendeskripsikan keputusan pembelian konsumen e-commerce duriand.id; dan (3) menganalisis pengaruh privasi, kepercayaan, dan sikap terhadap keputusan pembelian pada konsumen e-commerce duriand.id. Untuk itu digunakan analisis kuantitatif dan analisis inferensial dengan menggunakan path analysis. Penelitian dilaksanakan sejak November 2021 hingga Februari 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen cukup beragam, baik usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, lokasi geografik, pendapatan, maupun kelas sosial. Privasi, kepercayaan dan sikap konsumen termasuk pada kategori tinggi (aman). Keputusan pembelian oleh konsumen terkategori tinggi. Privasi, kepercayaan dan sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun, secara parsial, hanya sikap yang berpengaruh signifikan. Dalam penelitian ini variabel sikap terbukti tidak memediasi pengaruh privasi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian

Keywords


Privasi, Kepercayaan, Sikap, Keputusan Pembelian

References


Ajeng, S. (2011). Pengadaan Persediaan Buah Durian Di Rumah Durian Harum Bintaro , Jakarta. Pegadaan Persediaan Buah, 1–178.

Anggraini, N., Fatih, C., Zaini, M., Humaidi, E., & Lampung, P. N. (2020). Digital Marketing Produk Pertanian di Desa Sukawaringin Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah. Pengabdian Nasional, 1(1), 36–45.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei

BPS. (2020). Statistik Telekomunikasi Indonesia (2020th ed.). Badan Pusat Statistik.

Eid, M. I. (2011). Determinants of e-commerce customer satisfaction, trust, and loyalty in Saudi Arabia. Journal of Electronic Commerce Research, 12(1), 78–93.

Fahmi, S. (2018). Pengaruh Persepsi Keamanan dan Kepercayaan terhadap Niat Konsumen dalam Melakukan Transaksi E-Commerce, melalui Sikap sebagai Variabel Intervening. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(1), 86. https://doi.org/10.47201/jamin.v1i1.21

Jati Ariwibowo, D. P., & Nugroho, M. A. (2013). Pengaruh Trust Dan Perceived of Risk Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Menggunakan E-Commerce. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 11–35. https://doi.org/10.21831/nominal.v2i1.1646

Katz, D. (1960). The Functional Approach To The Study of Attitudes. Public Opinion Quarterly, 24(2), 163–204. https://doi.org/10.1086/266945

Kinasih, B. S., & Albari. (2012). 3912-5670-1-PB ondan Satrio Kinasih.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo

Kotler, P. dan Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Riyeke, U. (2002). Framework E-Commerce. Yogyakarta: Andi Offset.

Sumarwan, U. (2004). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Zickuhr, K. (2011). Generations and Their Gadgets. English, 20. http://pewinternet.org/Reports/2011/Generations-and-gadgets.aspx




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i2.7140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: