PENGARUH DECOY EFFECT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI STARBUCKS TUNJUNGAN PLAZA 6 SURABAYA

Fanny Cezarelia Rahmadani, Hamidah Hendrarini, Indra Tjahaja Amir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi karakteristik konsumen yang mempengaruhi decoy effect terhadap keputusan pembelian produk di Starbucks Tunjungan Plaza 6 Surabaya, serta Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi decoy effect terhadap keputusan pembelian produk di Starbucks Tunjungan Plaza 6 SurabayaPenelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, dengan jumlah responde 100 orang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Starbucks Tunjungan Plaza 6 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi linear berganda.hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Decoy effect (X1), Karakteristik konsumen (X2), Harga (X3), dan Kualitas produk (X4) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen Starbucks Tunjungan Plaza 6 Surabaya, hal ini dibuktikan dengan nilai t value lebih besar dari t tabel dan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai α 0.05. Sedangkan Merk (X5) tidak berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan negatif dalam menentukan keputusan pembelian terhadap produk minuman Starbucks Tunjungan Plaza 6 Surabaya Hal ini dibuktikan dengan nilai t value lebih kecil dari t tabel dan nilai signifikansi variabel lebih besar dari nilai α 0.05

Keywords


agribisnis, decoy effect, keputusan pembelian, Strabucks

References


Jurnal

Huber, J., Payne, J. W., & Puto, C. (1982). Adding Asymmetrically Dominated Alternatives: Violations of Regularity and the Similarity Hypothesis. In Journal of Consumer Research (Vol. 9, Issue 1, p. 90).

kalicharan, H. . (2014). The effect and influence of country-of-origin on consumer’s perception of product quality and purchasing intentions. International Business and Economic Research Journal, 13, 897–902.

Sellers, R. y Nicolau, J. L. (2015). Testing the decoy effect in the presence of store brands. International Journal of Retail and Distribution Management, 43.

siti nurhayati. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. JBMA, 4, 66–67.

sofuwan. (2015). Pengaruh Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Asuransi Pada Pt. Sequislife Insurance Cabang Palembang. Jurnal Ilmu Manajemen, 5, 11.

Buku

Arikunto. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. PT. Rineka Cipta.

Djoened. (2001). Kegiatan Ekonomi dan Perdagangan. Kegiatan Ekonomi Dan Perdagangan.Arikunto. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Alfabeta.

Widayat. (2004). Metode Penelitian Pemasaran (pertama). UMM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i2.7232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: