PENGARUH FAKTOR PRODUKSI TERHADAP HASIL PRODUKSI JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) DI KECAMATAN CILAMAYA KULON KABUPATEN KARAWANG

Nabila Ufairoh, Abubakar Abubakar, Luthfi Nur’azkiya

Abstract


Kabupaten Karawang merupakan salah satu sentra jamur merang di Provinsi Jawa Barat. Jamur merang sangat digemari masyarakat karena rasanya yang lezat dan bernilai gizi tinggi. Komoditas ini selalu memiliki permintaan yang tinggi dan cenderung meningkat. Namun, peningkatan permintaannya berbanding terbalik dengan hasil produksinya. Salah satu faktor yang berpengaruh secara langsung terhadap hasil produksi adalah faktor produksi.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji pengaruh faktor produksi terhadap hasil produksi jamur merang di Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengumpulkan data primer dan data sekunder. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 petani jamur merang. Jumlah responden ditentukan menggunakan rumus Slovin. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan fungsi produksi Cobb-Douglas. Berdasarkan hasil penelitian,  seluruh faktor produksi secara serentak berpengaruh nyata dan signifikan terhadap hasil produksi dengan kemampuan sebesar 86,8% dalam menjelaskan hasil produksi. Kemudian secara parsial, luas kumbung, jumlah bibit, umur bibit, jerami padi, tenaga kerja, dan pengalaman usahatani memiliki pengaruh nyata dan signifikan terhadap hasil produksi pada tingkat signifikansinya masing-masing. Kata Kunci : jamur merang, faktor produksi, hasil produksi

Keywords


pertanian; faktor produksi; jamur merang; jurnal

References


Abubakar, Wathoni, N., dan Asnah. 2021. Ekonomi produksi, teori dan aplikasi fungsi produksi Cobb-Douglas dalam bidang pertanian. Gaung Persada Press, Jakarta.

Dinas Pertanian Kabupaten Karawang. 2016. Data tanam dan produksi tanaman semusim Kabupaten Karawang Tahun 2015. Distan Kabupaten Karawang, Karawang.

_______. 2020. Laporan tanam, panen dan produksi jamur Kabupaten Karawang Tahun 2019. Distan Kabupaten Karawang, Karawang.

Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian. 2021. Budidaya jamur punya potensi ekspor tinggi, permintaan terus meningkat. Ditjen Hortikultura Kementan, Jakarta.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. 2021. Prospek Bisnis Jamur di tengah Pandemi Covid - 19. Kementan RI, Jakarta.

Maisyaroh, D. S. 2013. Analisis usaha tani jamur tiram di Kabupaten Deli Serdang. Social Economic of Agriculture and Agribusiness, 2 (2): 1-15.

Maulidina, R., Murdiono, W. E., dan Nawawi, M. 2015. Pengaruh umur bibit dan komposisi media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus). Jurnal Produksi Tanaman, 3 (8): 649-657.

Munawar, F. R., dan Kartika, J. G. 2017. Produksi dan kualitas jamur merang (Volvariella volvaceae) pada kelompok tani “Mitra Usaha” Kabupaten Karawang. Bul. Agrohorti, 5 (2): 264-273.

Nur’azkiya, L., Suhaeni, Wijaya, I. P. E. 2020. Strategi pengembangan agribisnis jamur merang di Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat. Jurnal Agrimanex, 1 (1): 48-58.

Rahmawati, D. A. 2019. Analisis pengaruh faktor produksi terhadap produktivitas jamur tiram di Desa Genting Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah AGRINECA, 19 (1): 14-23.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.

Sunandar, B. 2010. Budidaya jamur merang. BPTP Jawa Barat, Bandung.

Yanuarti, R., Aji, J. M. M., dan Hartadi R. 2019. Optimalisasi penggunaan faktor produksi usahatani jamur merang di Desa Glagahwero Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Journal of Agribusiness and Rural Development Research (AGRARIS), 5 (1): 1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i2.7262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: