PERAN KELOMPOK TANI TERHADAP PRODUKTIVITAS USAHATANI PADI SAWAH DI DESA PALAKAHEMBI KECAMATAN PANDAWAI

Adrianus Umbu Zogar, ElfisUmbu Katongu Retang, Diana Andayanie Djoh

Abstract


Padi menjadi tanaman pangan yang paling banyak dibudidayakan oleh petani Indonesia. Pemberdayaan masyarakat tani perlu dilakukan dalam mewujudkan pembangunan pertanian. Salah satu upaya pemerintah bersama petani adalah dengan membentuk kelompok tani dipedesaan. Fungsi kelompok tani sebagai kelas belajar, wahana kerjasama, dan unit produksi, ketiga fungsi ini memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan pertanian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hubungan peran kelompok tani terhadap produktivitas usaha tani padi sawah. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan survei terhadap anggota kelompok tani di Desa Palakahembi Kecamatan Pandawai dengan teknik pengambilan sampel proporsional sampling.Analisis yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara peran kelompok tani terhadap produktivitas yang digunakan alat analisis Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kelompok tani memiliki kategori berperan. Produktivitas usahatani padi sawah berada pada ketegori sedang . Hasil pengujian hubungan peran kelompok tani terhadap produktivitas menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara peran kelompok tani terhadap produktivitas usahatani dengan tingkat keeratan yang sangat lemah, dan memiliki arah hubungan yang negatif.

Keywords


Peran, Produktivitas, Padi Sawah

References


Akhmad, S. F, 2015. Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan (studi pada Karyawan Bagian Produksi PT. JAMU JAGO Kota Semarang), Universitas Diponegoro: Semarang.

Arimbawa, K. T, dan Dewa N. B, 2018. Pengaruh Tingkat Perputaran Kativa Lancar, Perputaran Modal Kerja, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Koperasi Terhadap Profitabilitas. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Ashari, 2010. Peranan Perbankan Nasional dalam Pembiayaan Sektor Pertanian di Indinesia. Diakses di http//litbang.deptan.go.id/ind/pdf, pada tanggal 09 Oktober 2016. Di Makasar.

Badan Pusat Statistik, 2020. Indonesia Dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik. jakarta

Badan Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Pandawai.2020. Data Hasil Produksi Pertanian. BP3K Kecamatan Pandawai Kabupaten Sumba Timur. Sumba Timur.

Badan Pusat Statistik. 2016. Kecamatan Pandawai Dalam Angka 2016. BPS Kabupaten Sumba Timur. Sumba Timur

Bahua, M. I., dan Limonu M. 2015. Hubungan karakteristik petani dengan kompetensi usahatani jagung di tiga kecamatan di kabupaten Pohuwatu. Lembaga penelitian Universitas Negeri Gorontalo.

Irawati, E. dan M. R. Yantu,2015. Kinerja Kelompok Tani Dalam Menunjang Pendapatan Usahatani Padi Sawah Di Desa Sidera Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. e-journal Agrotekbis 3 (2): 206-211

Ghozali, I. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariet dengan Program SPSS”. Semarang : UNDIP

Ghozali, I. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Deponegoro.

Handayani, A Wu, 2019. Peran Kelompok tani Dalam Meningkatkan Produktivitas Usahatani Padi Sawah. Fakultas Pertanian Jurusan Agribisnis. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya.

Mandasari, D, 2014. Hubungan Peran Kelompok Tani Dengan Produktivitas UsahataniBenih Padi (studi kasus: Kelompok Tani Surya Bangkit di Desa Mandala Wangi Kecamatan Sukasari Kabupaten Subang). (Skripsi). Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulla.

Mangkuprawira. S dan Aida V. H. 2007. Manajeman Mutu Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia. Bogor

Munyamsari, I., dan Mujiburrahmad. 2014. Karakteristik petani dan hubungannya dengan kompetensi petani lahan sempit. J. Agrisep. 15 (2): 58-74

Nainggolan, K, Mukti, I, E. 2014. Teknologi Melipatgandakan Produksi Padi Nasional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nana, S. 2014. Penelitian hasil Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ranti, D. 2009. Peranan Program Pemberdayaan Pertanian Lembaga Amil Zakat (LAZ) Swadaya Ummah Terhadap Peningkatan Pendapatan Petani di Kelurahan Kulim Kecamatan Tanayan Raya Kota Pekanbaru. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian UNRI. Pekanbaru

Siregar, R A, dan Muhammad J. R. G, 2018. Pengaruh kelompok tani terhadap pendapatan usahatani padi sawah (Kasus: Kelompok Sry Wangi, Desa Wonosari, Kecamatan Tanjung Marowa, Kabupaten Deli Serdang). Journal On Social Economic Of Agriculture And Agribusiness 9 (8): 1-17.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. bandung : Alfabeta,CV

Sujarweni, V. W, 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan mudah Dipahami. Yogyakrta: Pustaka Baru Press.

Tarigan A. N, 2018. Peran Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Produktivitas Usahatani Padi Sawah. Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Tjiptoherijanto, P, 2001. Proyeksi Penduduk, Angkatan Kerja, Tenaga Kerja, dan Peran Serikat Pekerja dalam Peningkatan Kesejahteraan, Majalah Perencanaan Pembangunan. Edisi 23 tahun 2001.

Winarno, 2013. Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Askara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i2.7280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: