HUBUNGAN FAKTOR SOSIAL DAN EKONOMI DENGAN MOTIVASI PETANI DALAM USAHATANI JAMUR MERANG DI KECAMATAN CILAMAYA KULON KABUPATEN KARAWANG

Muhammad Raihan Alghiffary, Abu Bakar, Luthfi Nur'azkiya

Abstract


Kecamatan Cilamaya Kulon merupakan salah satu sentra penghasil jamur merang di Kabupaten Karawang, namun secara umum pada tahun 2014 hingga 2019 produksi jamur merang di Kecamatan Cilamaya kulon mengalami penurunan bahkan hingga saat ini. Walaupun dengan kondisi tersebut masih terdapat petani jamur merang yang tetap menjalankan usahanya di samping banyak pilihan komoditas pertanian lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi petani dan mengetahui faktor-faktor sosial dan ekonomi berhubungan dengan motivasi petani dalam berusahatani jamur merang di Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis, dalam pengumpulan datanya menggunakan data primer dan data sekunder. Penentuan sampel pada pelitian ini menggunakan metode quota sampling sebanyak 30 responden petani jamur merang. Metode analisis yang digunakan adalah tabulasi skor dan korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi petani berada pada kategori sedang. Adapun faktor sosial dan ekonomi yang berhubungan secara signifikan dengan motivasi petani adalah pendidikan, tenaga kerja, dan manajemen usahatani.

Keywords


Motivasi, Jamur Merang, Korelasi, Sosial, dan Ekonomi

References


Anwarudin, O., dkk. 2021. Sistem Penyuluhan Pertanian. Yayasan Kita Menulis, Medan.

Aziz, M. N. 2020. Motivasi Petani Dalam Berusahatani Tanaman Anggrek Vanda Douglas Di Kota Tangerang. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. 2018. Produksi Tanaman Sayuran (Cabe Rawit, Blewah, Jamur, Melinjo, Petai dan Kacang Merah) Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat, 2016. BPS, Bandung.

Dinas Pertanian. 2020. Laporan tanam, panen dan produksi jamur Kabupaten Karawang 2019. Distan Tanaman Sayuran dan Biofarmaka, Karawang.

Lestari, D. P., Widyayanthi, L., Kuntadi, E. B. 2014. Tingkat motivasi dan strategi pengembangan usahatani cabai besar di Jember. Jurnal Ilmu Ilmu Pertanian, 12 (2): 159-167.

Maslow, A. H. 1984. Motivasi dan Kepribadian. PT Gramedia, Jakarta.

Miles, P. G., dan Chang, S. T. 2004. Mushrooms:Cultivation, Nutritional Value, Medicinal Effect, and Environmental Impact. CRC press, Florida.

Nur’azkiya, L., Suhaeni, S., & Eka Wijaya, I. P. 2020. Strategi Pengembangan AgribisnisJamur Merang di Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat. Jurnal Agrimanex: Agribusiness, Rural Management, and Development Extension, 1(1): 48-58.

Putri, C. D., Abubakar, dan Nura’azkiya, L. 2021. Prospek pengembangan usahatani jamur merang (Volvariella volvaceae) di Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7 (3): 1-11.

Rasyid, S. A. 2016. Motivasi petani dalam berusahatani kakao Dusun Koroha Desa Tamboli Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka. Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar.

Republik Indonesia. Undang Undang Nomor 6 Tahun 2006 Tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan Dan Kehutanan. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4660. Sekretariat Negara, Jakarta.

Sugiyono. 2019. Statistika untuk penelitian. Alfabeta, Bandung.

Suhaeni, & Andayani, S. A. 2021. Analytical Hierarchy Process to Assess the Suply Chain Risk for Improving Sustainability of Shallot Agribusiness in Lowland Area. IOP Conferene Series : Earth and Environmental Science. 748: 1-9.

Suhaeni, Rianti, W dan Umaidah, Y. 2021. Value Chain Model for Straw Mushroom (Volvariella volvacea) Agribusiness Performance in Karawang, Indonesia. Jordan Journal of Biological Sciences, 14 (5): 991-997.

Suharjo, E. 2010. Bertanam Jamur Merang Di Media Kardus, Limbah Kapas, Dan Limbah Pertanian. PT Agromedia Pustaka, Jakarta.

Uno, H. B. 2016. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Widyoko, S. E. P. 2020. Teknik penyusunan instrument penelitian. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Wijaya, I. P. E., Suhaeni, Nur’azkiya, L. 2019. Analisis motivasi petani dalam menanam kopi sanggabuana di Kabupaten Karawang (studi kasus Desa Mekarbuana Kecamatan Tegal Waru). Jurnal Ilmu Ilmu Pertanian, 15(1): 77-87.

Yani, A. R. 2017. Tingkat motivasi petani dalam berusaha tani jamur merang (Volvariella volvaceae) pada kelompok tani kaola mandiri Kabupaten Jember. Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Jember, Jember.

Zaman, N., Nurlina, Simarmata, M. M. T., et al. 2021. Manajemen usahatani. Yayasan Kita Menulis, Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i2.7373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: