STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA NILA GESIT

Jihad Mimbar, Dini Rochdiani, Budi Setia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan dalam pengembangan pada usaha budidaya ikan nila gesit. 2) Alternatif Strategi yang diterapkan dalam pengembangan pada usaha budidaya ikan nila gesit di Desa Ciawang Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus pada perusahaan budidaya ikan nila gesit di Desa Ciawang. Responden pada penelitian ini adalah pemilik budidaya ikan nila gesit. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian ini menujukan bahwa :1) Faktor kekuatan (Strenghts), dalam pengembangan budidaya ikan nila gesit yaitu lokasi usaha dan kualitas air, kualitas ikan, memiliki induk ikan berkualitas unggul, sudah terkenal di masyarakat dan harga terjangkau oleh konsumen, pengalaman perusahaan, menggunakan modal sendiri untuk membiayai usaha. Faktor kelemahan (weaknesses) dalam pengembangan usaha Budidaya nila gesit diantaranya jumlah benih terbatas, terbatasnya jumlah perasarana kolam, sumber daya manusia, pencatatan data produksi dan keuangan belum terstuktur dan sitematis, keterbatasan persediaan produk. 2) Alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan usaha yaitu dengan menggunakan strategi SO. Berdasarkan kekuatan, peluang dan strategi SO (Strenght-Opportunity), maka diperoleh faktor yang harus dipertahankan untuk mampu mengambil peluang yang ada, yaitu: mempertahankan dan meningkatkan mutu produk dengan cara pengawasan produksi, menambah jumlah kolam baru untuk meningkatkan kuantitas produksi ikan nila gesit, kuantitas indukan harus diperbanyak menggunakan induk yang berkualitas, dan meningkatkan serta menjaga kualitas produk dengan  mengupayakan jumlah benih harus cukup agar kuantitas dan kontinuitas permintaaan terpenuhi, dan layanan pemasaran harus lebih baik.

Keywords


Budidaya ikan nila, kekuatan, kelemahan. peluang, ancaman

References


Ardita, N., A. Budiharjo & S.L.A. Sari. 2015. Pertumbuhan dan rasio konversi pakan ikan nila (Oreochromis niloticus) dengan penambahan prebiotik. Bioteknologi, (12): 16-21. DOI: 10.13057/biotek/c120103.

Bangkit Setiyawan, Publikasi Ilmiah: “Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar Rekreatif Di Karanganyar” (Karanganyar: 2016), Hal. 4. Dona Wahyuning Laily, “Strategi Pengembangan Agribisnis Ikan Gurami Di Kabupaten Boyolali” (Lamongan: Universitas Islam Lamongan, 2013).

Faisal, Heri. 2015. Budidaya Ikan Keramba Danau Maninjau Lewati Kapasitas. Http://industri.bisnis.com/read/20150106/99/388195/budidaya-ikan- keramba-danau-maninjau-lewati-kapasitas, diakses pada tanggal 11 Mei 2016.

Jazuli, S. 2016. Analisis SWOT Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan pada BMT-El Syifa Ciganjur [skripsi]. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Khair, dkk. 2016. Manajamen Strategi. UMSU Press. Medan. Kurniati, S.A. dan Jumanto. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Ikan Nila di Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. ISSN P: 1412-4807 ISSN O: 2503-4375 Vol 19 No. 1. Jurnal Agribisnis. Universitas Islam Riau.

Kurniati, S.A. dan Jumanto. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Ikan Nila di Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Jurnal Agribisnis. 19(1):17-18.

Muhammad, M. 2018. Analisis SWOT Sebagai Strategi Pengembangan Usahatani Buah Naga Merah (Hylocereus costaricensis) Kecamatan Wasile Timur Kabupaten Halmahera Timur. ISSN : 1979-6072 Vol. 11 No. 1 : 28-37. Jurnal Agribisnis Perikanan. Universitas Maluku Utara.

Murtidjo, B. A. 2005. Pedoman meramu pakan ikan. Yogyakarta: Kanisius.

Nadhiroh, A. 2017. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif pada Agrowisata di Wisata Tengah Sawah Desa Gubug Kabupaten Grobogan [skripsi]. Program Studi Ekonomi Syariah. Sekokah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus.

Novianto, A. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Bisnis (Studi pada Industri Kerajinan Gerabah Desa Negara Ratu Kecamatan Natar). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Rangkuti, F. 2014. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama Kompas Gramedia Building: Jakarta.

Rismawan, dkk. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pendederan Ikan Gurami (Osphronemus Gouramy) Studi Kasus di Kelompok Mina Mukti Desa Sukatali Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Jurnal Perikanan dan Kelautan. No. 1 (88-91). Universitas Padjadjaran.

Sanusi, A. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Salemba Empat: Jakarta.

Setianto, D. 2013. Usaha Budidaya Ikan Kerapu. Pustaka Baru Press: Yogyakarta.

Sonatha, Y dan Puspita RM. 2016. Panen Maksimal Budidaya Ikan Nila Unggulan. Anugrah. Jakarta.

Sonatha, Y dan Puspita RM. 2016. Panen Maksimal Budidaya Ikan Nila Unggulan. Anugrah. Jakarta.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Bisnis. CV.Alfabeta: Bandung.

Widagdo, dkk. 2016. Strategi Pengembangan Budidaya Pembesaran Ikan Lele (Clarias sp.) di Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Diponegoro.

Wiwit rahayu dkk, ”Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Pada Kelompok Ikan Di Desa Jatisari Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri”, (wonogiri:jurnal DIANMAS, Vol 6, No 2, 2017), Hal. 93.

Irwan sandyansah, Yus Rusman, Cecep Pardani. 2016. Strategi Pengembangan Agroindustri Tahu Goreng (Studi Kasus pada Perusahaan Tahu Goreng De Rifa di Desa Cisadap Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. 2017

Joko Purwono, Sri Sugyaningsih, Rara Tama Putri. 2015. Strategi Pengembangan Bisnis Rumah Tempe Indonesia Di Kota Bogor Provinsi Jawa Barat. Jurnal NeO-Bis 9(1). 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i3.7429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: