ANALISIS SALURAN PEMASARAN KOPI DI DESA BANGUNKARYA KECAMATAN LANGKAPLANCAR KABUPATEN PANGANDARAN

Rahmat Gunawan, Trisna Insan Noor, Muhamad Nurdin Yusuf

Abstract


Salah satu aspek untuk meningkatkan pendapatan dari usahatani yang dijalankan adalah saluran pemasaran sehingga semakin banyak lembaga pemasaran yang terlibat menyebabkan bagian harga yang diterima petani menjadi semakin rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran kopi di Desa Bangunkarya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran. Penelitian didesain secara kualitatif dengan jenis studi kasus pada petani kopi di Desa Bangunkarya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran. Sampel petani diambil secara sensus sebanyak 15 petani, sementara pelaku pemasaran yang terlibat dalam memasarkan kopi ditentukan menggunakan snowball sampling, yaitu dengan cara menelusuri aliran pemasaran kopi tersebut dari petani sampai ke tangan konsumen. Tujuan penelitian dianalis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 (dua) saluran pemasaran kopi di Desa Bangunkarya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran, yaitu saluran 2 (dua) tingkat dan 3 (tiga) tingkat dengan melibatkan pedagang pengumpul, pedagang besar, dan pedagang pengecer sebelum sampai ke tangan konsumen.

Keywords


Kopi, Saluran Pemasaran, Lembaga Pemasaran

References


Caesara, V. Baihaqi, A. Usman, M. 2017. Analisis Pendapatan Dan Efisiensi Pemasaran Biji Kopi (green bean) Arabika di Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, 2(1): 250-261.

Gojali, F,P. Yusuf, M,N. Hakim, D,L. 2020. Analisis Saluran Pemasaran Jagung Hibrida Varietas Bisi 2 (Zea Mays Linn) (Suatu Kasus di Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis), Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(1): 244-249.

Kahfi, A. 2017. Budidaya dan Produksi Kopi di Sulawesi Selatan pada Abad ke-19. Universitas Hasanudin. Makasar.

Kotler, Philip. 2016. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian (Terjemahan Jaka Wisana). Selemba Empat: Jakarta.

Lestari, O. Hasyim, A.I. Kasymir, E. 2017. Analisis Usahatani Dan Efisiensi Pemasaran Kopi (coffea sp) di Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 5(1): 1-8.

Marlina, L. Dharmawan, A.H. Purnamadewi, Y.L. 2017. Peranan Kopi Rakyat Terhadap Perekonomian Wilayah Kabupaten Lampung Barat. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 5(3): 292-303.

Mursid, M. 2014. Manajemen Pemasaran. BumiAksara. Jakarta.

Nazir, M. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nugroho, A. Rochdiani, D. Yusuf, M,N. 2020. Analisis Saluran Pemasaran Sale Pisang (Studi Kasus Pada Perajin Sale Pisang Basah di Desa Sindangbarang Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(3): 858-861.

Nurhidayana. Kuswardani, R.A. Siregar, M.A. 2012. Analisis Efisiensi Pemasaran Cabai Merah di Kabupaten Batubara. Jurnal Agribisnis Sumatera Utara, 5(1): 28-39.

Ramadhani. 2018. Analisis Expor Kopi Indonesia. UII. Yogyakarta.

Ristowo, A. 2020. Penomenologi Strategi Pemasaran Industri Kecil Menengah (IKM) Kopi di Kabupaten Banyuwangi. Universitas Jember Jawa Timur

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i2.7543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: