PENERAPAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI PADA USAHA DUA PUTRI DI DESA SINGOLATREN KECAMATAN SINGOJURUH KABUPATEN BANYUWANGI

Annisya Choirun Ni'mah, Nurafia Delpiana, Paramita Rendra Wardhani

Abstract


Perkembangan harga kedelai impor yang cenderung mengalami peningkatan akan berdampak pada industri kedelai salah satunya pengrajin tempe. Peningkatan harga kedelai dapat meningkatkan biaya produksi sehingga akan menyebabkan penurunan pendapatan jika tidak diikuti dengan harga jual tempe yang tinggi. Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang banyak ditemui pengrajin tempe, salah satunya yakni di Kecamatan Singojuruh. Terdapat 66 pengrajin tempe di daerah ini, salah satunya yaitu usaha “Dua Putri” yang terletak di Dusun Wijenan Lor, Desa Singolatren, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi. Melalui fenomena tingginya biaya produksi dan banyaknya persaingan pada pengarijin tempe maka sebagai pengrajin tempe harus memiliki manajemen yang baik dalam kegiatan usaha, supaya kegiatan usahanya dapat terus berlangsung dan dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan manajemen agroindustri pada usaha Dua Putri di Desa Singolatren Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen di usaha agroindustri tempe “Dua Putri” telah dilaksanakan dengan baik mulai dari perencanaan hingga evaluasi. 

Keywords


Manajemen; Agroindustri; Kedelai; Tempe

References


Ananda, R. and Rafida, T. (2017) Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Azhar, F. (2017) Implementasi Fungsi Pengorganisasian dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pada Lembaga Miftahul Ulum di Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Disperindag Banyuwangi. (2022). Map Geografis IKM Banyuwangi. Available at: http://ikmbanyuwangi.net/.

Elisabeth, D. A. A., Ginting, E. and Yulifianti, R. (2018). Respon Pengrajin Tempe Terhadap Introduksi Varietas Unggul Kedelai Untuk Produksi Tempe. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 20(3) : 83–196.

Fuad, M. A. Z. et al. (2019) Metode Penelitian Kelautan dan Perikanan. Malang: UB Press.

Machfiroh, I. S. (2019). Strategi dan Dampak Kenaikan Harga Kedelai Terhadap Laba Usaha Produsen Tempe di Desa Panggung. Jurnal Humaniora Teknologi, 5(2): 1–7.

Pusat Pengkajian Perdagangan Dalam Negeri (2021) Analisis Perkembangan Harga Bahan Pangan Pokok di Pasar Domestik dan Internasional. Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Rukajat, A. (2018) Pendekatan Penelitian Kuantitaif. Sleman: Deepublisher. Available

Sahnan, M. (2017). Urgensi Perencanaan Pendidikan Sekolah Dasar, Jurnal PPKn dan Hukum, 12(2): 142–159.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i3.7858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: