PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN SELERA KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MIE SEDAAP KEMASAN BAG (Studi pada Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)

Izzah Mauliyah Mahrus, Pawana Nur Indah, Eko Priyanto

Abstract


Perkembangan teknologi semakin cepat membuat persaingan antar industri juga semakin ketat, semua perusahaan dituntut untuk lebih unggul dalam menawarkan produknya agar tidak tertinggal dengan pesaingnya. Salah satunya yaitu perusahaan mie instan yang dituntut untuk membantu memenuhi kebutuhan manusia saat ini yang bersifat instan, efektif dan efisien. Perlu adanya loyalitas konsumen untuk membawa kesuksesan jangka panjang bagi perusahaan karena konsumen tersebut akan membeli produk perusahaan secara berulang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, harga, kualitas produk dan selera konsumen terhadap loyalitas konsumen mie sedaap kemasan bag pada mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Alat analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, harga, kualitas produk dan selera konsumen berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap loyalitas konsumen mie sedaap kemasan bag pada mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dan citra merek merupakan variabel bebas yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. 

Keywords


Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Selera Konsumen, Loyalitas Konsumen

References


Asnita. (2017). Pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan pada CV Sinar Baru Yamaha di Kota Makassar.

Deccasari, D. D., & Amin, A. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. 14(1).

Delima, A., Ashary, H., & Usman, O. (2019). Influence of Service Quality, Product Quality, Price, Brand Image, and Promotion to Consumer Satisfaction Affection on Consumer Loyalty (Online Shope). Journal Economics, 1–15.

Devi, lenggang kurnia intan. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada marketplace Shopee. Skripsi, 1–114.

Emawati, L. (2018). Pengaruh Selera Konsumen Dan Lingkungan Sosial Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konveksi “Jini Collection”). 15–55. Retrieved from http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2270

Harnoto, F. (2014). Strategi Kepuasan Pelanggan Dalam Mempertahankan Dan Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 21(36), 1–15. Retrieved from https://ejournal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php

Husna, A., & Budi Suryana. (2017). Metode Penelitian dan Statistik. Jakarta Selatan: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Indarto, E. W., Suroso, I., Sudaryanto, S., & Qomariah, N. (2018). the Effect of Brand Image and Product Attributes on Customer Satisfaction and Customer Loyalty. Journal of Applied Management, 16(3), 457–466. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2018.016.03.10

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kristianto, A. D., & Wahyudi, T. A. (2019). Pengaruh citra merek, persepsi kualitas produk dan persepsi harga pada kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(2), 117–126. https://doi.org/10.36407/jmsab.v2i2.74

Latmawati, Hia, Y. D., & Verawati, R. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Selera Konsumen terhadap Pembelian Ulang Beras Sipulau di Kejorongan 3 Pangian dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Toko Tuan Muda). 4, 1–9.

Ransulangi, G. S. T., Waney, N. F. L., & Dumais, J. N. K. (2017). Pengaruh Komponen Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Minuman Share Tea Di Kota Manado. Agri-Sosioekonomi, 13(2), 79. https://doi.org/10.35791/agrsosek.13.2.2017.16380

Ratnasi, C., & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Mie Sedap serta Implikasinya terhadap Loyalitas Pelanggan di Perumahan Pekayon Bekasi Selatan. Manajemen, 07.

Saebani, B. A. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktek. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sangadji, etta mamang, & Sophiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Peoduk , Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Geprek Bensu Rawamangu). 16(01), 127–146.

Sitomorang, S. H. (2018). Analisa Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis (4th ed.). Medan: Usu Press.

Siyoto, S., & Ali Sodiq. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. In Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Somantri, Y. B., & Atmadjaja, L. M. (2019). Analisis Kualitas Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Dan Loyalitas Konsumen Mi Instan. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 115–126. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1621

Sonatasia, D., Onsardi, & Arini, E. (2019). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. 11–25. https://doi.org/10.31219/osf.io/r5268

Suantara, I. G. P. E., Artana, M., & Suwena, K. R. (2014). Pengaruh Selera dan Harga terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Sepeda Motor Honda di Kabupaten Buleleng. 4(2), 1–10.

Suhairiyah, Kunaifi, A., & Kadir, A. (2021). Preferensi Masyarakat Pedesaan terhadap Produk Keuangan Syariah. 1(September), 1–14.

Widayatma, C. P., & Lestari, sri puji. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Rifa Kuliner Kendal). Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 7(3), 25–38.

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.81




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i3.8017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: