DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP VOLUME PERMINTAAN KOMODITAS HORTIKULTURA PADA E-COMMERCE PERTANIAN DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS PT INSAN AGRITAMA TEKNOLOGI)

N. Salsabila Rahadatul Aisy, Lies Sulistyowati

Abstract


Subsektor hortikultura mengalami pertumbuhan yang positif di masa pandemi. Meski demikian, aktivitas subsektor hortikultura menjadi terhambat sebab diberlakukannya kebijakan seperti PSBB dan PPKM. Di samping itu, permintaan terhadap hortikultura dapat terganggu sebab operasional horeka turut diberhentikan. Salah satu perusahaan agribisnis yang terdampak pandemi dengan target pasar horeka adalah PT Insan Agritama Teknologi yang memiliki e-commerce Inagri.asia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi volume permintaan komoditas hortikultura khususnya jeruk medan pada e-commerce Inagri.asia serta menganalisis dampak pandemi Covid-19 terhadap volume permintaan komoditas hortikultura khususnya jeruk medan pada e-commerce Inagri.asia. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Data primer bersumber dari hasil wawancara dengan pihak PT Insan Agritama Teknologi. Data sekunder diperoleh dari arsip dan dokumen perusahaan, publikasi BPS serta instansi lainnya yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor harga jeruk medan, harga pepaya, jumlah penduduk, pendapatan masyarakat, dan pandemi Covid-19 secara simultan berpengaruh terhadap volume permintaan komoditas hortikultura khususnya jeruk medan pada e-commerce Inagri.asia. Sementara itu, secara parsial hanya faktor jumlah penduduk dan pandemi Covid-19 yang berpengaruh signifikan. Pandemi Covid-19 secara tidak langsung berdampak terhadap volume permintaan jeruk medan pada e-commerce Inagri.asia yang ditunjukkan dengan peningkatan volume permintaan di tahun pertama pandemi.

Keywords


Covid-19, Volume Permintaan, Hortikultura, E-Commerce

References


APJII, A. P. (2020). Statistik APJII. Retrieved from apjii.or.id: https://apjii.or.id/survei

Arsifa, S. (2021). Dampak Covid-19 terhadap Permintaan Jahe Merah di Kota Medan (Kasus: Pasar Tradisional Marelan dan Pasar Tradisional Titi Papan). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Badan Pusat Statistik. (2020). Hortikultura. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darwis, V., Maulana, M., & Rachmawati, R. R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Nilai Tukar Petani dan Nilai Tukar Usaha Pertanian. 83-104.

Direktorat Jenderal Hortikultura. (2021, February 11). Retrieved from hortikultura.pertanian.go.id: http://hortikultura.pertanian.go.id/?p=6979

Ferdiansyah, N. M., Fauzi, N. F., & Prayuginingsih, H. (2022). Permintaan dan Penawaran Buah di Wilayah Kota Kabupaten Jember pada Masa Pandemi Covid-19. National Multidisciplinary Science, 262-267.

Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2015). Dasar-Dasar Ekonometrika (Basic Econometrics). Jakarta Selatan : Salemba Empat.

Gunawan, E., Nida, F. S., & Henriyadi. (2020). Peluang dan Strategi E-Commerce Produk Pertanian Merespons Dampak Pandemi Covid-19. 337-358.

Kementerian Pertanian. (2021). Permintaan Buah dan Sayur Tinggi, Subsektor Hortikultura Tumbuh Positif 7,85 Persen di Kuartal ke IV 2020. DKI Jakarta: Direktorat Jenderal Hortikultura - Kementarian Pertanian.

Manzoor, A. (2010). E-commerce an Introduction. Germany: LAP Lambert.

Mulyawanti, I., Widayanti, S. M., Hayuningtyas, M., & Winarti, C. (2020). Penanganan Pascapanen Komoditas Hortikultura untuk Mengatasi Dampak Pandemi Covid-19. 257-276.

Poerwanto, R., & Susila, A. D. (2014). Teknologi Hortikultura. Bogoe: PT Penerbit IPB Press.

Pracoyo, T. K., & Pracoyo, A. (2006). Aspek Dasar Ekonomi Mikro. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rahmawati, D., Prasetyo, E., & Setiadi, A. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Jeruk Pamelo (Citrus grandis) di Kabupaten Pati. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 179-186.

Rerung, R. R. (2018). E-commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Sukirno, S. (2016). Mikroekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suryana, A., Rusastra, I. W., Sudaryanto, T., & Pasaribu, S. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19: Perspektif Adaptasi dan Resiliensi Sosial Ekonomi Pertanian. Jakarta: IAARD PRESS.

World Bank. (2020, April 23). Retrieved from worldbank.org: https://www.worldbank.org/en/news/feature/2020/04/23/coronavirus-shakes-commodity-markets




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i3.8093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: