STRATEGI PEMASARAN USAHA KEDAI KOPI DALAM MENGHADAPI SITUASI PANDEMI COVID-19

Yustty Afifah Nur Aini, Trisna Insan Noor

Abstract


The Celcius Coffee merupakan suatu kedai kopi yang berada di Kota Cianjur dan mampu mempertahankan eksistensinya dari tahun 2016 hingga saat ini. Dibalik keberhasilannya, The Celcius Coffee mengalami penurunan pada omzet penjualan akibat terjadinya pandemi Covid-19. Penyebab lain dari omzet penjualan yang menurun yaitu adanya peraturan terkait pembatasan jam operasional, perubahan lingkungan usaha, jumlah konsumen sedikit, dan ketatnya persaingan dengan usaha sejenis. Dengan demikian, pihak manajemen The Celcius Coffee memerlukan formulasi strategi yang tepat dalam menghadapi masa pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kegiatan pemasaran The Celcius Coffee, menyusun alternatif strategi pemasaran yang sesuai dengan The Celcius Coffee, dan mengkaji prioritas alternatif strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan oleh The Celcius Coffee. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dan teknik studi kasus. Metode yang digunakan untuk mengolah data ialah analisis deskriptif dan analisis formulasi strategi, dengan menggunakan alat analisis berupa matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan matriks QSP. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa The Celcius Coffee berada pada posisi V yakni hold and maintain sehingga strategi yang dapat dilakukan ialah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Prioritas alternatif strategi yang dapat diimplementasikan oleh The Celcius Coffee sesuai dengan perolehan matriks QSP pada urutan pertama yaitu melakukan inovasi produk secara berkala dengan nilai TAS 6,541.

Keywords


Agriculture, pertanian, agribisnis

References


Awaluddin, A., Nuraeni, N., & Ilsan, M. (2019). Analisis Keberlanjutan Usahatani Kopi Arabika Bawakareng Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. AGROTEK: Jurnal Ilmiah Ilmu Pertanian, 2(2), 73–84. https://doi.org/10.33096/agrotek.v2i2.63

David, F. R. (2012). Manajemen Strategis: Konsep (12th ed.). PT Salemba Empat.

Hamdani, T. (2020). Restoran hingga Kedai Kopi Terancam Gulung Tikar Imbas Corona. Finance.Detik.Com. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4943285/restoran-hingga-kedai-kopi-terancam-gulung-tikar-imbas-corona

ICO. (2021). Word Coffee Consumption. International Coffee Organization. https://www.ico.org

Kementan. (2016). Outlook Kopi Komoditas Pertanian Subsektor Perkebunan. In Pusat Data Dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal. http://perpustakaan.bappenas.go.id/lontar/opac/themes/bappenas4/templateDetail.jsp?id=167009&lokasi=lokal

Kurniasih, D., Rochdiani, D., & Setia, B. (2020). Strategi Pemasaran Kedai Kopi Angkringan Irdan Coffee Di Desa Pakemitan Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(3), 729. https://doi.org/10.25157/jimag.v7i3.4006

Prasetyo, W. B. (2020). 2020 Kedai Kopi Diprediksi Tumbuh 15%. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/ekonomi/601687/2020-kedai-kopi-diprediksi-tumbuh-15

Rafiah, K. K. (2020). Review Effective Marketing Strategy for UMKM Coffee Shop in the Face of Pandemi. 16(2), 30–38.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT. PT Gramedia Pustaka Utama.

Solikatun, D. T. K., & Argyo, D. (2015). Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi: Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi di Kedai Kopi Kota Semarang. Jurnal Analisa Sosiologi UNS, 4(1), 60–74.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sukatmadiredja, N. R. (2019). Strategi Pemasdaran Melalui Analisis SWOT Pada Perusahaan Kopi Lokal. Ecopreneur, 2(2), 12–25.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i3.8100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: