STRATEGI PEMASARAN KOPI ROBUSTA DI DESA SUKA MULYA KECAMATAN PAGAR DEWA KABUPATEN LAMPUNG BARAT
Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelamahan) dan eksternal (peluang dan ancaman), merumuskan strategi alternatif pemasaran, membuat strategi alternatif pemasaran Kopi Robusta. Metode penelitian yang digunakan adalah survey pada petani Kopi Robusta di Desa uka Mulya Kecamatan Pagar Dewa Kabupaten Lampung Barat. Responden dalam penelitian ini terdiri dari petani Kopi Robusta 40 orang yang diambil secara survei. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Strength, Weakneses, Opportunity, Threats (SWOT). Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor kekuatannya adalah kepemilikan lahan, tempat yang cocok dan pinggiran uantuk tanaman kopi, permodalan yang cukup, dan kualitas produk. Kelemahannya yaitu posisi tawar petani rendah, tidak ada pembukuan yang jelas, harga dikuasai pasar dan SDM yang lemah. peluang ekstrnalnya adalah pasar yang terbuka luas, tren konsumsi kopi meningkat dan produk yang banyak diminati. Ancamannya adalah persaingan pasar harga fluktuatif dan anomali cuaca. alternatif strategi yang dapat dilakukan petani Kopi Robusta. adalah dengan meningkatkan kualitas produk yang diinginkan konsumen dan pasar agar tren konsumsi Kopi Robusta meningkat, serta dengan meningkatkan jumlah produksi Kopi Robusta untuk meningkatkan pendapatan petani dan memenuhi permintaan pasar.Kata Kunci : Strategi, pemasaran, Kopi RobustaABSTRACT This study aims to identify internal (strength and slowness) and external (opportunities and threats) factors, formulate alternative marketing strategies, make alternative marketing strategies for Robusta Coffee. The research method used was a survey on Robusta Coffee farmers in Uka Mulya Village, Pagar Dewa District, West Lampung Regency. The respondents in this study consisted of Robusta Coffee farmers 40 people who were taken by survey. The analysis used in this study is Strength, Weakneses, Opportunity, Threats (SWOT) Analysis. The results showed that the strength factors were land ownership, suitable and fertile places for coffee plants, sufficient capital, and product quality. The downsides are that the bargaining position of farmers is low, there is no clear bookkeeping, prices are controlled by the market and human resources are weak. External factors of opportunity are a wide open market, an increasing trend of coffee consumption and products that are in great demand. The threat is volatile price market competition and weather anomalies. alternative strategies that robusta coffee farmers can do. is by improving the quality of products desired by consumers and the market so that the consumption trend of Robusta Coffee increases, as well as by increasing the amount of Robusta Coffee production to increase farmers' incomes and meet market demand.Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Kopi Robusta
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i3.8313
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________________________
Diterbitkan Oleh :
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH
Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274
Telepon: 0265-2754011
Email: agroinfogaluh@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
__________________________________________________________________________________
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: