ANALISIS SALURAN PEMASARAN PADI ORGANIK DI KECAMATAN BANTARKALONG KABUPATEN TASIKMALAYA

Lala Rainurhikmah, Dini Rochdiani, Tiktiek Kurniawati

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah Menganalisis : (1) Saluran pemasaran padi organik di Kecamatan Bantarkalong,  (2) Besarnya Biaya marjin dan keuntungan pemasaran padi organik di Kecamatan Bantarkalong, (3) Besarnya bagian harga yang diterima (farmer’s share) petani padi organik Kecamatan Bantarkalong. Penelitian yang didesain secara Kualitatif dengan menggunakan metode Study Kasus ini dilaksanakan di Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya mulai bulan Mei-Juli tahun 2021. Sebanyak 12 Responden petani padi organik diambil secara (purposive sampling) dari 3 kelompok tani yang masing-masing beranggotakan 20-25 orang per kelompok diambil 4 orang per kelompok tani. Sampel lembaga pemasaran diambil secara sengaja dengan menggunakan snowball sampling sehingga diperoleh sampel lembaga pemasaran 3 orang pedagang pengepul, Hasil penelitian menunjukan : (1) Terdapat dua saluran pemasaran padi organik, saluran pemasaran satu Petani – RMU - Konsumen sedangkan saluran pemasaran dua Petani- Pedagang Pengepul – RMU - Konsumen (2) Biaya pemasaran Rp 100,00, Marjin pemasaran Rp 300,00/Kg dan Keuntungan pemasaran Rp 200,00/Kg  (3) Bagian harga yang diterima petani dari harga yang dibayar konsumen saluran pemasaran satu sebesar 100 persen sedangkan untuk saluran pemasaran dua sebesar 94,74 persen.



DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i1.8329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: