STRATEGI BAURAN PEMASARAN KOPI ORGANIK DESA SIDOMULYO KABUPATEN JEMBER

Diaz Mudzakir Ardiansyah

Abstract


Kurangnya kepastian atau pangsa pasar kopi organik disebabkan karena konsumen terbatas pada kalangan tertentu seperti kelas menengah ke atas menyebabkan sulitnya bagi Kelompok Tani Sidomulyo 1 untuk menjual produk kopi organik. Tujuan riset ini untuk memformulasikan alternatif strategi bauran pemasaran kopi organik di Kelompok Tani Sidomulyo 1 yang unggul dan tepat. Lokasi riset ditentukan dengan sengaja di Kelompok Tani Sidomulyo 1. Metode riset menggunakan analisis SWOT, matriks IFE, dan matriks EFE. Hasil riset memperlihatkan analisis data pada matriks IFE pada faktor kekuatan mendapatkan skor sebesar 2,00 sedangkan untuk faktor kelemahan mendapatkan skor sebesar 1,63. Sedangkan pada analisis matriks EFE pada faktor peluang memiliki skor sebesar 1,86 sedangkan untuk faktor ancaman memiliki skor sebesar 1,88. Hasil analisis matriks SWOT memposisikan usaha kopi organik di Kelompok Tani Sidomulyo 1 berada pada kuadran II dan alternatif strategi yang harus diterapkan adalah Mengembangkan jaringan pemasaran dengan menggunakan marketplace dan ke cafe-cafe sekitar didukung dengan kualitas produk yang baik untuk kesehatan; dan Mengembangkan usaha produk kopi organik dengan membuat varian inovasi produk.

References


Afifah, Mahardini Nur. 2020. “Kenapa Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi?” Diakses Pada 23 Januari 2022, Dari Https://Health.Kompas.Com/Read/2020/06/23/160400868/Kenapa-Jantung-Berdebar-Setelah-Minum-Kopi?Page=all. 2020. https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/04/154703720/kenapa-jantung-berdebar-setelah-minum-kopi.

As’ad, Mochamad Hafezd, and Murti Mulyo Aji Joni. 2020. “Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Kedai Kopi Modern Di Bondowoso.” JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics) 13 (2): 182–99.

Badan Pusat Statistik provinsi Jawa Timur. 2022. Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2022. Badan Pusat Statistik Prov Jawa Timur. Surabaya.

David, F. R. 2010. Manajemen Strategi : Konsep. Salemba Empat Edisi 12. Jakarta.

David, Fred R. 2014. “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis.” Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kenali, Eko Win, Dayang Berliana, Desi Maulidia, Studi Manajemen Informatika, Politeknik Negeri Lampung, Studi Pengembangan, Produk Agroindustri, et al. 2013. “Peningkatan Omzet Penjualan Kopi Organik Kelompok Tani Ampera Desa Sindang Pagar Kecamatan Sumber Jaya Lampung Barat.” Pengabdian Nasional 2 (1): 11–16.

Mitha. 2015. “Pengaruh Penambahan Ekstrak Jahe (Zingiberaceae Officinale) Dalam Edible Coating Terhadap Mutu Fillet Ikan Nila (Oreochromis Niloticus, l.) Pada Penyimpanan Suhu Ruang.” Skripsi. Fakultas Pertanian-Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Rangkuti, Freddy. 2018. “Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, Dan OCAI.” Pt. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Saroja, Rahma Az-Zahra, and Tuti Karyani. 2021. “Komparasi Pendapatan Petani Kopi Organik Dan Konvensional (Suatu Kasus Di Desa Margamulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat).” Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis 7 (1): 25–37.

Wijaya, Fanji. 2021. “Strategi Bisnis Dalam Mengembangkan Usaha Pada Kelompok Tani Kopi Buntis.” Jurnal Indonesia Membangun 20 (1): 1–15.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i3.8333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: