KOMPARASI KELAYAKAN EKONOMI USAHATANI PADI SAWAH ANTARA SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DAN KONVENSIONAL DI DESA REKSOSARI KECAMATAN SURUH

Andi Susanto, Bayu Nuswantara

Abstract


Penerapan sistem tanam jajar legowo yang ditinggalkan dan kembali ke sistem tanam konvensional pada usahatani padi yang dianggap menggunakan biaya yang dikeluarkan tinggi dibandingkan dengan hasil produksi yang diperoleh, pada penelitian ini yang berjudul” Komparasi Kelayakan Ekonomi Usahatani Padi Sawah Antara Sistem Tanam Jajar Legowo dan Konvensional di Desa Reksosari Kecamatan Suruh” memiliki tujuan yaitu menganalisis komparasi kelayakan ekonomi usahatani padi sawah antara sistem tanam jajar legowo dan sistem tanam konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Data yang digunakan yaitu data primer yang diambil dengan menggunakan observasi, kuisioner,wawancara, dan dokumentasi, data sekunder daiambil dari data pihak-pihak yang terkait. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan R/C, BEP dan Uji t. Hasil penelitian menunjukan pendapatan usahatani pada sistem tanam jajar legowo yaitu Rp.11.081.418,- sedangkan pada sistem tanam konvensional yaitu Rp.9.703.216,- Hasil analisis uji t menunjukan Sig 0,043 maka dengan demikian terdapat perbedaan pendapatan usahatani yaitu Rp. 1.378.202,-.

Keywords


usahatani padi, kelayakan ekonomi, sistem tanam

References


Aribawa, 2012. Pengaruh sistem tanam terhadap peningkatan produktivitas padi si lahan sawah dataran tinggi beriklim basah. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bali. Denpasar.

BPPP Kementerian Pertanian, 2013. Sistem Tanam Legowo . Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Kementerian Pertanian: Jakarta.

Cohen, et al. (2007). Metode Penelitian dalam Pendidikan. New York. Routledge. 657 Hal.

Herdiyansah, H. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Mahmud, (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mardiyanto, Sudi, Yana Supriyatna, dan Nur Khoiriyah Agustin, 2005. Dinamika Pola Pemasaran Gabah dan Beras di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, Vol. 23 No. 2, Desember 2005: 115-131.

Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. 2019. Basisdata Produk Domestik Bruto (PDB), Kementerian Pertanian. http://aplikasi2.pertanian.go.id/pdb

Putra, J. P. (2018). Analisis Komparasi Usahatani Padi Sistem Konvensional Dengan Padi Sistem Jajar Legowo Di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang (Doctoral dissertation).

Satori dan Komariah. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Soekartawi. 2002. Analisis Usahatani. Universitas Indonesia (UI-Press). Jakarta.

Soekartawi. 2002. Teori Ekonomi Produksi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i3.8352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: