ANALISIS PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN PETANI KARET DI DESA TUNGGILIS KECAMATAN KALIPUCANG KABUPATEN PANGANDARAN

Rika Apriantika, Trisna Insan Noor, Ivan Sayid Nurahman

Abstract


Kesejahteraan adalah keadaan hidup yang mampu memenuhi kebutuhan minimal hidupnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan sangatlah berkaitan satu sama lain. Diantaranya adalah: tingkat pendapatan, kesehatan, pendidikan, akses terhadap barang dan jasa, kondisi geografi dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Besarnya pendapatan petani karet di Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran dan 2) Kesejahteraan petani karet di Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik penarikan sampel dilakukan secara sensus terhadap tempat petani karet yang ada di Desa Tunggilis. Hasil penelitian menunjukan bahwa:1)    Besarnya biaya produksi rata-rata yang dikeluarkan oleh petani karet yang berada di Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran adalah sebesar Rp 31.532.750 dan penerimaan rata-rata yang diperoleh petani karet sebesar Rp 66.101.875 per tahun sehingga pendapatan rata-rata yang diperoleh petani karet sebesar Rp 34.569.125 per tahun2)    Berdsasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kesejahteraan petani karet di Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran berada kategori tingkat kesejahteraan sedang yaitu sebanyak 5 rumah tangga atau sebesar 71,43% dan tingkat kesejahteraan tinggi sebanya 2 rumah tangga atau sebesar 28,57%.

References


Badan Pusat Statistik. 2018. Inflasi dan Indeks Harga Konsumen. BPS. Indonesia

Badan Pusat Statistika Provinsi Jawa Barat. 2020. Jawa Barat Dalam Angka. 2020. Bandung : Badan Pusat Statistika Provinsi Jawa Barat.

Dinas Pertanian. 2018. Realisasi Luas Tanam, Panen, Produksidan Produktivitas Tanaman Cabai Merah di Kabupaten Ciamis. Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Ciamis.

Soekartawi. 2016 . Analisis Usahatani. Jakarta : UI –Press

Arikunto. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Kuswadi. 2005. Meningkatkan Laba Melalui Pendekatan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo

Suratiyah, Ken. 2015. Ilmu Usahatan edisi revisi.Jakarta : Penebar Swadaya. 156 Hal.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i2.8449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: