EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI TEMBAKAU DI DESA KATEMAS KECAMATAN KUDU KABUPATEN JOMBANG

Jihan Ulaa Mawaddah, Mubarokah Mubarokah, Dona Wahyuning Laily

Abstract


Desa Katemas memiliki luas lahan dan produksi terbesar di Kecamatan Kudu, namun rata-rata produktivitas Desa Ketemas tidak lebih besar dari desa-desa yang lain. Tujuan riset ini untuk menjabarkan tingkat efisiensi teknis dan ekonomis, dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat efisiensi teknis dan ekonomis yang dicapai pada usahatani tembakau serta mengetahui pendapatan petani tembakau di Desa Katemas Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang. Lokasi riset ditentukan dengan sengaja (purposive method). Sampel berjumlah 85 petani tembakau, dipilih dengan metode slovin. Metode analisis data menggunakan Fungsi Produksi Cobb-Douglas dengan bantuan aplikasi SPSS serta analisis pendapatan. Hasil penelitian memperlihatkan faktor produksi luas lahan, tenaga kerja, bibit, pupuk urea, pupuk ZA, pupuk NPK, dan pupuk organik secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap produksi tembakau. Secara parsial penggunaan faktor produksi tenaga kerja, bibit dan pupuk NPK secara signifikan berpengaruh terhadap hasil produksi tembakau. Sedangkan penggunaan faktor produksi luas lahan, pupuk urea, pupuk ZA dan pupuk organik secara signifikan tidak berpengaruh terhadap hasil produksi tembakau. Nilai efisiensi teknis sebesar 0,892 yang berarti penggunaan faktor-faktor produksi cukup efisien. Nilai efisiensi ekonomis faktor produksi luas lahan, tenaga kerja, bibit, pupuk urea, pupuk ZA, dan pupuk organik belum efisien secara ekonomis karena memiliki nilai > 1. Sedangkan faktor produksi pupuk NPK tidak efisien secara ekonomis karena memiliki nilai < 1.

Keywords


Efisiensi, faktor produksi, tembakau

References


Astuti, Tri Novi, Fembriaty Erry Prasmatiwi, and Ktut Murniati. 2021. “Efisiensi Teknis Usahatani Tebu Rakyat Dengan Pendekatan Stochasic Frontier Di Kabupaten Lampung Utara.” Journal of Food System and Agribusiness 5 (2): 156–65.

Dinas Perikanan Kabupaten Jombang. 2020. Data Produksi Perikanan Tahun 2019. Dinas Perikanan. Jombang.

Dinas Pertanian Kabupaten Jombang. 2020. Produksi Tembakau Kabupaten Jombang 2015-2019. Disperta. Jombang.

Direktorat Jenderal Perkebunan. 2020. Statistik Perkebunan Indonesia 2018-2020. Kementerian Pertanian. Jakarta.

Nainggolan, Hotden Leonardo, Maria Rumondang Sihotang, and Albina Ginting. 2022. “Analisis Pendapatan Usahatani Biofarmaka Dan Kontribusinya Terhadap Total Pendapatan Petani Di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.” Agrimor 7 (1): 31–38.

Nursan, Muhammad, Candra Ayu, and Pande Komang. 2020. “Analisis Keuntungan Dan Kelayakan Ekonomi Usahatani Tembakau Virginia Di Kabupaten Lombok Tengah.” Jurnal Ilmiah Membangun Desa Dan Pertanian (JIMDP) 5 (3): 104–10.

Nuryaman, Hendar. 2017. “Estimasi Efisiensi Teknis Dan Ekonomis Usahatani Kedelai (Glycine Max l.) Pada Lahan Sawah.” MIMBAR AGRIBISNIS 1 (2): 125–32.

Rachmat, Muchjidin, and Sri Nuryanti. 2009. “Dinamika Agribisnis Tembakau Dunia Dan Implikasinya Bagi Indonesia.” Forum Penelitian Agro Ekonomi 27 (2): 73–91.

Siregar, Ameilia Zuliyanti. 2016. “Literasi Inventarisasi Hama Dan Penyakit Tembakau Deli Di Perkebunan Sumatera Utara.” Jurnal Pertanian Tropik 3 (3): 206–13.

Styaningtias, Rury, and PC Subyantoro. 2012. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tembakau Di Desa Sidokaton Dan Desa Made Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang.” Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UNESA 1 (2): 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i3.8486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: