RISIKO PRODUKSI USAHATANI CABAI RAWIT (Capsicum frutescenes L.) PANEN HIJAU DAN PANEN MERAH

Rismayanti Rismayanti, Enok Sumarsih, Hendar Nuryaman, Dedi Djuliansah

Abstract


Cabai rawit dapat menjadi komoditas potensial sebagai produk unggulan daerah jika didukung oleh kebijakan pembangunan pertanian berkelanjutan, dalam prakteknya usahatani cabai seringkali dihadapkan pada berbagai risiko usaha dimana salahsatunya adalah risiko produksi. Tujuan penelitian ini untuk 1) menganalisis besarnya produksi dan penerimaan, 2) menganalisis besarnya risiko produksi dan sumber risiko produksi serta 3) mengetahui strategi penanganan risiko produksi yang dilakukan petani pada usahatani cabai rawit panen hijau dan panen merah di Desa Ciandum Kecamatan Cipatujah. Metode penelitian menggunakan survey pada 21 orang petani cabai rawit yang melakukan panen hijau dan panen merah. Analisis risiko menggunakan Coefficient Variation (CV) dan Analisis deskriptif untuk mengidentifikasi sumber-sumber risiko dan strategi penanganannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya produksi panen hijau sebanyak 1,54 ton/ha dan panen merah sebanyak 0,98 ton/ha untuk satu kali musim panen, penerimaan panen hijau sebesar Rp. 44.860.047,- dan panen merah sebesar Rp. 65.078.714,-. Selanjutnya risiko produksi yang mempunyai risiko paling tinggi adalah panen hijau sebesar 0,30 dan penen merah sebesar 0,27. Untuk sumber risiko produksi cabai rawit panen hijau dan panen merah terdiri dari risiko cuaca dan hama penyakit, Adapun strategi penanganan risiko produksi yang dilakukan petani yaitu dengan pembuatan drainase pada bedengan untuk menjaga kelembapan tanah, melakukan metode penanaman yang sesuai anjuran seperti benih yang digunakan tahan terhadap penyakit, penggunaan mulsa untuk menghambat pertumbuhan gulma dan pengendalian hama dan penyakit menggunakan pestisida.

Keywords


Risiko Produksi, Cabai Rawit, Panen Hijau, Panen Merah

References


Abdullah, M. R. 2015. Metode penelitian kuantitatif. Yogyakarta. Aswaja Pressindo.

Badan Pusat Statistik. 2022. Kabupaten Tasikmalaya dalam Angka 2022. Tasikmalaya: Badan Pusat Statistik.

Daniel, M. 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. PT. Bumi Aksara. Jakarta, 1.

Ekaria, E., & Muhammad, M. 2018. Analisis Risiko Usahatani Ubi Kayu di Desa Gorua Kecamatan Tobelo Utara. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 11(2), 9-14.

Elton, E. J., Gruber, M. J., Brown, S. J., & Goetzmann, W. N. 2009. Modern portfolio theory and investment analysis. John Wiley & Sons.

Hanafi, M. M. 2009. Manajemen Risiko edisi kedua. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Kadarsan, H. W. 1995. Keuangan pertanian dan pembiayaan perusahaan agribisnis. PT Gramedia. Jakarta.

Lestari, D. R. 2013. Makalah Risiko Agribisnis Share Leasing. Program Studi Magister Sains Agribisnis Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. https://www.academia.edu/. (02 Mei 2022).

Musta’inah, A., Hani, E. S., & Sudarko, S. 2017. Analisis risiko pada usahatani tomat di Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Jurnal Agribest, 1(2).

Nuryaman, H., & Faqihuddin, F. (2020). Risiko Usahatani Padi Pada Wilayah Bantaran Sungai Citanduy (Kasus di Desa Manggungsari, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya). Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(2), 612-631.

Puspitasari, D. 2011. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Risiko Produksi Mentimun (Cucumis sativusL.) di Desa Citapen Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor.

Sari, N., & Pardian, P. 2018. Analisis Risiko Usahatani Kopi Specialty Java Preanger. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 17(1), 79-94.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatani Edisi Revisi 2015. Penebar Swadaya. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i3.8513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: