STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI TANAMAN KUBIS

Irna Ardiyanti Suwandy, Budi Setia, Rian Kurnia

Abstract


Kubis (Brassica oleracea) biasa dikenal masyarakat dengan sebutan kol merupakan tanaman semusim yang berbentuk perdu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) faktor kekuatan dan kelemahan yang ada didalam pengembangan usahatani tanaman kubis (Brassica oleracea). (2) faktor peluang dan acaman yang ada didalam pengembangan usahatani tanaman kubis (Brassica oleracea). (3) Menentukan formulasi strategi yang tepat dalam upaya pengembangan usahatani tanaman kubis (Brassica oleracea). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Sampel diambil secara purposive sampling kepada 17 responden. Data dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Faktor kekuatan yang ada yaitu lahan pengembangan tersedia, pengalaman petani, kemampuan petani dan akses transportasi mudah. Faktor kelemahannya yaitu modal terbatas, kurang informasi pasar, sarana produksi terbatas. (2) Faktor peluang yang ada yaitu kondisi alam potensial, permintaan kubis semakin meningkat. Faktor ancaman yang ada yaitu serangan hama dan penyakit pada tanaman, peran penyuluh belum maksimal, teknologi belum maksimal dan fluktuasi harga. (3) Formulasi strategi yang tepat dari hasil analisis SWOT berdasarkan hasil penelitian berada pada kuadran I strategi yang diutamakan adalah strategi agresif (S-O), yaitu dengan memanfaatkan potensi yang ada untuk terus melakukan  usaha secara kontinyu  juga dengan intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian dalam upaya meningkatkan produktivitas  kubis.

Keywords


Strategi Pengembangan, Usahatani, Kubis, SWOT

References


BPS. 2020. Majalengka Dalam Angka. Badan Pusat Statistika Kabupaten Majalengka.

Hasanah, P.N., Mahananto., dan Prasetyo, A. 2019. Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Pada Usahatani Cabai Merah Keriting (Capsisum annum L.) Studi Kasus di Kelompok Tani Prawoto Sari, Desa Munding, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Agrica. 77-87

Manalu, D., dan Tarigan, D. M. 2018. Strategi Pengembangan Bisnis Pt Momenta Agrikultura Amazing Farm , Lembang , Jawa Barat. Jurnal Mahatani, 1(2), 96–120.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.8522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: