FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN AYAM GEPREK BENSU MELALUI GOFOOD DI KOTA GRESIK

Adinda Meitha Putri Mardhiyani, Pawana Nur Indah, Prasmita Dian Wijayati

Abstract


Awal tahun 2020 tepatnya pada 11 Maret 2020 WHO menyatakan penyebaran virus Covid 19 sebagai sebuah pandemi. pemerintah menganjurkan seluruh rakyat Indonesia untuk tidak keluar dari rumah, atau mengurangi kegiatan di luar rumah. Perkembangan internet yang semakin pesat juga mempengaruhi dunia bisnis, salah satunya jasa layanan online, yaitu Gojek. Kehadiran Gojek sangat berpengaruh terhadap kebutuhan masyarakat dalam sehari-hari, terutama di tengah pandemi Covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian Ayam Geprek Bensu melalui Gofood. Penelitian ini menggunakan data primer. Sampel yang digunakan sebanyak 80 sampel dengan menggunakan kuesioner dan teknik sampling non probability sampling. Metode analisis yang digunakan adaah metode analisis deskiptif kualitatiif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa responden paling banyak berada pada rentang usia 20-35 sebanyak 48 (60%), sedangkan usia responden terendah berada pada usia > 35 tahun sebanyak 12 (15%). Pada jenis kelamin perempuan mendapatkan sebanyak 43 responden (53.75%), sedangkan pada jenis kelamin laki-laki berjumlah 37 responden (46.25%). Pada ketagori pendidikan terakhir yang berada palin atas adalah SMA sebanyak 44 (55%). Kategori pekerjaan yang berada paling banyak pada pelajar sebanyak 55 (68.75%). Sedangkan faktor produk, harga, promosi, tempat, dan psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Ayam Geprek Bensu melalui Gofood. Sedangkan, faktor Budaya, Sosial, dan Individu tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Ayam Geprek Bensu melalui Gofood.

Keywords


Covid 19, Gojek, Gofood, technological development

References


Adi, K. (2019). Pengolahan Informasi Dan Persepsi Konsumen Di Era Revolusi Industri 4.0. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu. Balqiah

Ardyanto, D. (2015). Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen www.petersaysdenim.com). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.

Destamar, D. L., Aryani, L., & Pusporini. (2021). Analisis keputusan pembelian pada pengguna aplikasi gojek fitur gofood. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi.

Ghozali. (2018). Ghozali. Uji Koefisien Determinasi. Journal of Management and Business.

Ikram, M. M. (2021). Keputusan Penggunaan Layanan GoFood Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.467

Kotler dan Amstrong. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. In Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. JurnalBenefita.

Sugiyono. (2014). Metode dan Prosedur Penelitian. E-Journal.

Sugiyono. (2016). Definisi dan Operasionsl Variabel Penelitian. Definisi Dan Operasionsl Variabel Penelitian.

Verina, E., Yulianto, E., dan Latief, W. A. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Toko Fashion di Jejaring Social Facebook. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume. 10, Nomor.1.

Widarjono, A. (2013). Ekonometrika : Pengantar dan Aplikasinya. In Jakarta : Ekonosia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i3.8539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: