STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KERIPIK PISANG

Gina Hazirah Purnama, Budi Setia, Tiktiek Kurniawati

Abstract


Penelitian dilaksanakan di perusahaan agroindustri keripik pisang yang terletak di daerah Desa Pusakanagara Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan agroindustri keripik pisang Karya Ayu di Desa Pusakanagara Kecamatan Baregbeg. (2) Alternatif strategi pengembangan yang diterapkan pada agroindustri keripik pisang Karya Ayu di Desa Pusakanagara Kecamatan Baregbeg. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus di salah satu agroindustri keripik pisang di Desa Pusakanagara Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Penarikan sampel dilakukan dengan cara purposive dengan wawancara terhadap 5 informan pegawai dan 6 informan konsumen. Data primer dan data sekunder yang diperoleh dianalisis menggunakan SWOT. Hasil Penelitian menujukkan bahwa : (1) Perusahaan memiliki kekuatan yang tinggi, sedangkan kelemahannya promosi masih kurang. Peluangnya memiliki pelanggan tetap, sedangkan yang menjadi ancamannya persaingan industri sejenis. (2) Alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan agroindustri keripik pisang Karya Ayu di Desa Pusakanagara Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis yaitu strategi S-O menggunakan kekuatan internal untuk memanfaatkan peluang eksternal.

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Nazir, Moh. Ph.D. (2005). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Bogor. Panggabean, E 2011. Buku Pintar Kopi. Agro Media Pustaka. Jakarta.

Shafina Monita Dzulaiha, L. Sukardi, A. P. H. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AGROINDUSTRI KERUPUK KULIT DI KECAMATAN MATARAM. 30(3): 149–160.

Soekartawi. (2001). Pengantar Agroindustri. Edisi 1. Jakarta : Cetakan 2. PT Raja Grafindo Persada. Hal 152.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.8621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: