STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AGROINDUSTRI OPAK KETAN DI KABUPATEN TASIKMALAYA (STUDI KASUS DI DUSUN CIPERTANI DESA KARANGMEKAR KECAMATAN KARANGNUNGGAL)

Ferdiansyah Ferdi Dwi Permana, Dini Rochdiani, Benidzar M Andrie

Abstract


Opak ketan adalah sejenis makanan kecil yang terbuat dari bahan yang mengandung pati cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) mengetahui faktor kekuatan dan kelemahan apa saja yang ada didalam pengembangan usaha agroindustri opak ketan di Dusun Cipertani, Desa Karangmekar, Kecamatan Karangnunggal, (2) mengetahui faktor peluang dan ancaman apa saja yang ada didalam pengembangan usaha agroindustri opak ketan di Dusun Cipertani, Desa Karangmekar, Kecamatan Karangnunggal, (3) menentukan strategi yang tepat dalam upaya pengembangan usaha agroindustri opak ketan di Dusun Cipertani, Desa Karangmekar, Kecamatan Karangnunggal. Metode penelitian yang digunakam dalam penelitian ini adalah studi kasus. Data yang diperoleh terdiri dari data primer dan data sekunder. Sampel pada penelitian ini yaitu pemilik usaha agroindustri opak ketan dipilih dengan cara purposive sampling dengan pertimbangan bahwa pemilik agroindustri opak ketan sudah lama berdiri sejak tahun 2004 dan pelopor usaha opak ketan di Dusun Cipertani. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan usaha agroindusti opak ketan yang dapat dilakukan adalah strategi SO yang mana agroindustri dapat meningkatkan pangsa pasar hingga keluar daerah Mempertahankan kualitas produk dan menjaga produk pangan lokal , yang sesuai dengan posisi kuadran I agresif

References


Mulyadi, 2009. Identifikasi Potensi Lahan Untuk Mendukung Pengembangan Agrobisnis Tebu Diwilayah Timur Indonesia, P3gi

David, 2010. Manajemen Strategi Edisi Keduabelas. Salemba Empat. Jakarta.

Kusnandar. 2006. Rancang Bangun Model Pengembangan Industri Kecil jamu [disertasi]. Bogor: Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor.

Bell, G. G., & Rochford, L. (2016). Rediscovering SWOT’s Integrative Nature: A New Understanding Of An Old Framework.International Journal Of Management Education, 14 (3), 310.326.Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijme2016.06.003

Tewari, G. C. (2016). A Swot Analysis Of Serva Shiksha Abhiyan In Uttar Pradesh. Gjra –Global Journal For Research Analysis, 5(9), 255–257.

Hera, N., & Septirosya, T. (2021). POTENSI GENOTIPE PADI LOKAL RIAU DALAM MENEKAN PERTUMBUHAN AWAL GULMA Echinochloa cruss-galli (L.) Beauv. Menara Ilmu, 15(2).

Arifudin, O., Wahrudin, U., Rusmana, F. D., & Tanjung, R. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313-322.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i3.8727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: