ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL AGROINDUSTRI SERAT SABUT KELAPA (COCO FIBER) (Studi Kasus di CV AIS, Desa Winduraja Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis)

Lutvia Nurul Awwaliyah, Trisna Insan Noor, Budi Setia

Abstract


Agroindustri adalah kegiatan yang mengolah atau memproses hasil pertanian sebagai bahan baku barang setengah jadi maupun barang langsung dipakai. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen karena adanya industri pengolahan produk pertanian. Serat sabut kelapa (coco fiber) yang berbentuk seperti rambut panjang dan pada umumnya berwarna coklat atau berwarna kuning keemasan merupakan sabut kelapa yang sudah di proses melalui penggiling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Kelayakan finansial pada agroindustri serat sabut kelapa (coco fiber) di Desa Winduraja Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, dan (2) Pengembalian modal usaha agroindustri serat sabut kelapa (coco fiber)  di Desa Winduraja Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Data yang diperoleh terdiri dari data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilaksanakan di agroindustri CV AIS di Desa Winduraja Kecamatan Kawali yang dipilih secara disengaja dengan pertimbangan bahwa di Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis merupakan agroindustri serat sabut kelapa produksi terbesar. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Biaya penerimaan usaha agroindustri serat sabut kelapa (coco fiber) di Desa Winduraja Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis per tahun adalah Rp. 1.205.568.000 (2) NPV sebesar Rp. 533.398.215,96 (3) Nilai IRR yang diperoleh sebesar 244% (4) Nilai Net B/C  sebesar 2,46 (5) Nilai Gross B/C yang diperoleh sebesar 1,14 (6) Payback Periode yaitu 1 tahun 5 bulan maka usaha agroindustri serat sabut kelapa (coco fiber) di Desa Winduraja Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis layak untuk diusahakan.

Keywords


Agroindustri, Serat Sabut Kelapa, Kelayakan Finansial Agroindustri

References


Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis. 2021. Produksi Kelapa 2020. Ciamis

Helianto, B. dan Tenda, E.T. 2017. Varietas Kelapa Dalam Unggul Spesifik Gorontalo. Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma Lian. Gorontalo.

Irma Fitriani Kusmayadi, Dedi Herdiansah Sujaya, Zulfikar Noormasyah. 2017. Analisis Kelayakan Finansial Usahatani Manggis (Garcinia mangostana L). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH Volume 4 Nomor 2.

Junardi. 2012. Strategi Pengembangan Agroindustri Serat Sabut Kelapa Berkaret (SEBUTRET) (Studi Kasus di Kab. Sambas). Jurnal social Economic of Agriculture. Volume 6 Nomor 1.

Nursyam. 2013. Analisis Titik Pulang Pokok Virgin Coconut Oil Di Desa Ampibabo Kecamatan Ampibabo Kabupaten Marigi Mautong. E- Jurnal Agro Teknologi Bisnis, Vol. 1(4):384-390.

Pratiwi, N.A., Haruanto, H. & Daryanto, A. 2017. Peranan Agroindustri Hulu dan Hilir Dalam Perekonomian dan Distribusi Pendapatan di Indonesia. Jurnal Manajemen & Agribisnis,. Volume 4 Nomor 2.

Rindyani, R. (2011). Analisis Kelayakan Finansial Budidaya Melon Hidroponik. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah.

Sutarni, Fitriani, & Unteawati, B. (2016). Analisis Rugi Laba Jangka Pendek Usaha Agribisnis Perikanan Air Tawar Kolam Khusus Ikan Patin Di Kabupaten Lampung Tengah. Politeknik Negeri Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v9i3.8774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: