PERAN PENYULUH PERTANIAN TERHADAP KEBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI (Studi Kasus pada Kelompok Wanita Tani Sumber Rejeki di Desa Bantar Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap)

Eka Mialestari Wahyuningsih, Sudrajat Sudrajat, Ivan Sayid Nurahman

Abstract


Masih banyaknya petani maupun masyarakat yang menganggap kegiatan penyuluhan itu tidak penting sehingga diperlukannya pemberdayaan yang dilakukan oleh penyuluh pertanian dengan harapan dapat meningkatkan kualitas petani itu sendiri. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penyuluh pertanian terhadap keberdayaan kelompok wanita tani sumber rejeki, tingkat keberdayaan kelompok wanita tani sumber rejeki dan hubungan antara peran penyuluh pertanian terhadap keberdayaan kelompok wanita tani. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode studi kasus pada kelompok wanita tani sumber rejeki yang diambil dengan sampling jenuh (sensus). Hasil penelitian ini menunjukan peran penyuluh pertanian sebagai inisiator, fasilitator, motivator, organisator dan dinamisator yaitu 85,4% yang artinya memiliki peran yang sangat tinggi, sedangkan untuk tingkat keberdayaan kelompok wanita tani yaitu 82% berarti tingkat keberdayaan kelompok wanita tani sangat tinggi dan untuk hubungan antara peran penyuluh pertanian dengan keberdayaan kelompok wanita tani yakni peran penyuluh inisiator,fasilitator, motivator, organisator dan dinamisator memiliki hubungan terhadap keberdayaan kelompok wanita tani sumber rejeki, sehingga menunjukan semakin tinggi peran penyuluh pertanian maka semakin tinggi pula keberdayaan kelompok wanita tani.

References


Creswell, 2014. Risearch Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Yogyakarta : Gajah Mada University

Jarmie MJ. 2000 Peranan Ilmu Penyuluhan Menuju Pembangunan pertanian yang Berwawasan Agribisnis dalam pemberdayaan sumber manusia menuju terwujudnya Masyarakat Madani. Inatitut Pertanian Bogor

Muspitasari, D. 2019. Pengaruh Peran Penyuluh Pertanian terhadap pemberdayaan kelompok tani padi di Kecamatan Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Ecosystem, 19 (1) , 19-23

Riduwan. 2009. Skala pengukuran variabel — variabel penelitian. Bandung : ALFABETA

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

S, Sundari., Yusra, A. H. A., dan Nurliza, N. 2015. Peran penyuluh pertanian terhadap peningkatan produksi usahatani di Kabupaten Pontianak. Jurnal social Economic of Agriculture, 4 (1), 26-31.

Sobirum, R. 2005. Modul Metode Penelitian. Fakultas Ekonomi Universitas Suropati. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v10i1.8814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: